Home » » Panglima TNI : Kendali Komando Pengamanan Presiden AS Barack Obama Berada Di Tangan TNI

Panglima TNI : Kendali Komando Pengamanan Presiden AS Barack Obama Berada Di Tangan TNI

Written By Redaksi kabarsulawesi on Rabu, 17 Maret 2010 | 8:15 PM

Kabar Sulawesi – Jakarta : Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso mengatakan bahwa komando pengendalian pengamanan tamu negara setingkat kepala negara, termasuk Presiden AS Barack Obama, berada di tangan TNI dengan dibantu oleh kepolisian pada ring dua dan tiga. "Kita sudah memiliki prosedur tetapnya, termasuk untuk menyambut kedatangan Presiden AS Barack Obama," kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/3).

Menurut Panglima, TNI juga telah melakukan koordinasi dengan pasukan pengamanan presiden AS.Saat ditanya perihal ancaman dan kerawanan terkait dengan rencana kedatangan Obama, ia mengakui jika ada kerawanan, sedangkan ancaman masih dalam tahap pendeteksian. "Kerawanan pasti ada dalam setiap kegiatan, bukan dari eksternal, kegiatan-kegiatan yang dilakukan pasukan internal pun ada kerawanan, misalnya iring-iringan kendaraan yang tak harmonis bisa bertabrakan, atau kurang koordinasi," katanya.

Sementara itu, terkait dengan unjuk rasa yang dilakukan oleh sejumlah kelompok, ia mengatakan Indonesia adalah negara demokrasi sehingga unjuk rasa diperbolehkan sampai batas-batas tertentu. Mengenai pengamanan kedatangan Obama, Menteri Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto menegaskan tidak ada hal luar biasa yang dilakukan karena prosedur tetap pengamanan tamu negara telah ada. "Saya kira prosedur tetap pengamanan tamu negara sekelas presiden sudah ada yaitu TNI dibantu kepolisian, sudah barang tentu sesuai dengan prosedur tetap juga, seperti kita keluar negeri, maka Paspampres (pasukan pengamanan presiden)-nya ada yang melekat juga," katanya.(ari-liputan6.com-yahoo.com)

Pasukan SS Amankan Ring I Obama di Indonesia

Pengamanan terhadap Presiden Barack Obama di Indonesia diselenggarakan oleh tim dari Secret Service (SS). Tugas mereka adalah pengawalan di ring 1 yang melekat secara fisik kepada Presiden AS tersebut.

Demikian jelas Wamenhan Safrie Sjamsuddin soal pengamanan Ring 1 atas Presiden Obama selama 3 hari di Indonesia pekan depan. Dia ditemui wartawan usai peringatan HUT ke-1 Universitas Pertahanan, di Kementerian Pertahanan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (17/3/2010),

"Itu sama saja jika Presiden SBY ke Gedung Putih, maka yang melekat ke beliau pasti Paspampres," kata Safrie.

Menurut Komandan Grup A Paspampres di era Soeharto ini, pengamanan pribadi (Pampri) oleh tim dari tamu negara adalah prosedur standart di mana-mana. Keberadaan mereka adalah penguatan terhadap pengamanan di Ring 1 yang sepenuhnya dikendalikan oleh tim tuan rumah.
"Pengamanan yang dilakukan pihak tamu negara, sifatnya penguatan saja. Itu berlaku di mana-mana kalau kepala negara berkunjung ke negara lain," pungkas Safrie.(yahoonews)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer