Home » » Kapal Angkut Semen Curah Terbakar Dua ABK-nya Tewas

Kapal Angkut Semen Curah Terbakar Dua ABK-nya Tewas

Written By Redaksi kabarsulawesi on Rabu, 14 April 2010 | 12:48 AM


Kabar Sulawesi – Makassar : Sungguh naas, nasib dua orang Anak Buah Kapal (ABK), Kapal Motor (KM) Gemilang. Keduanya tewas mengenaskan, terpanggang api nyaris jadi arang, setelah kapalnya terbakar saat berada  di termaga pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Senin (12/4) sekitar pukul 08.15 Wita.

Kedua ABK adalah, Mustafa (30) dan Sugen (31), ditemukan dalam kondisi mengenaskan. Keduanya terjepit diantara mesin kapal yang terpanggang, sehingga tubuh mereka nyaris tak bisa dikenali karena hangus. Proses evakuasi korban juga berlangsung lama dengan mengerahkan tim evakuasi gabungan dari Badan Sar Nasional.

Kedua ABK ini baru bisa di evakuasi setelah api berhasil di jinakkan sekitar delapan jam kemudian, dengan bantuan kapal pemadam dari Pertamina, kapal patroli KPLP dan kapal motor Basarnas. Keduanya terjepit diantara mesin kapal yang terpanggang, sehingga tubuh mereka nyaris tak bisa dikenali karena hangus Tim terpaksa menarik tubuh Mustafa dengan tali yang diikat pada leher dan kakinya. Sedangkan satu korban lainnya, Sugen, ditemukan terjepit di drum solar dekat kamar mesin. Tubuhnya sudah hitam terpanggang. Kedua korban kemudian dievakuasi ke kapal Tim Basarnas dibawa ke rumah Sakit Bhayangkara.

KM Gemilang  kapal pengangkut semen tersebut, tiba-tiba terbakar, diduga akibat korslet listrik di dek kamar mesin. Api begitu cepat menjalar hingga kelambung kapal, tidak mampu dikendalikan, karena asap hitam membumbung tinggi, hingga mengalami sedikit kendala. Api baru bias dipadamkan sekitar delapan jam kemudian, dengan bantuan kapal pemadam dari Pertamina, kapal patroli KPLP dan kapal motor Basarnas. Terkendalanya pemadaman dan evakuasi, karena dermaga yang tak memungkinkan, akhirnya kapal nahas ini ditarik sejauh 30 ribu meter dari dermaga oleh kapal pandu KPLP keluar dari dermaga untuk memudahkan penjinakan api.
.
ABK di KM Gemilang, berjumlah 15 orang. Saat kejadian, sebagian ABK berada di darat kecuali 2 orang ABK yang tewas terpanggang itu.dan seorang lagi Syakir. Ia saat kebakaran juga berada di ruang mesin bersama 2 rekannya yang terpanggang itu. Namun Syakir beruntung selamat, setelah nekat menerobos kobaran api, sedangkan Mustafa dan Sugen terjebak di antara mesin dan drum solar.

KM. Gemilang sudah bersandar di dermaga Soekarno-Hatta Makassar sejak seminggu lalu. Kapal pengangkut semen curah ini dari Surabaya, dan akan berangkat menuju Kolaka , Sulawesi Tenggara membawa semen curah di Makassar. Peristiwa ini, kini ditangani Polresta KPPP, Pelabuhan Makassar. (soel)

Foto by : beritakotamakassar online
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer