Home » » Bagir Manan: Pers Bertanggung Jawab Adalah Yang Sehat

Bagir Manan: Pers Bertanggung Jawab Adalah Yang Sehat

Written By Redaksi kabarsulawesi on Senin, 24 Mei 2010 | 8:39 PM


Kabar Sulawesi : Ia mengatakan, pers yang sehat memerlukan beberapa persyaratan yang harus dijalankan agar dapat sesuai dengan tanggung jawabnya. "Pertama, pers harus dijalankan atau berjalan atas sejumlah tuntunan yang mesti diikuti, yaitu, tuntunan etik, tuntunan kesantunan atau kesopanan, tuntunan hukum, tuntunan integritas, dan tuntunan cita-cita," kata dia.





Bagir Manan: Pers Bertanggung Jawab Adalah Yang Sehat


Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Dewan Pers, Bagir Manan, mengatakan pers yang bertanggung jawab adalah pers yang sehat dalam setiap pemberitaannya.

"Selain memerlukan kemerdekaan, pers yang bertanggung jawab harus sehat dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistiknya," katanya saat membuka lokakarya Kode Etik Jurnalistik, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan, pers yang sehat memerlukan beberapa persyaratan yang harus dijalankan agar dapat sesuai dengan tanggung jawabnya.

"Pertama, pers harus dijalankan atau berjalan atas sejumlah tuntunan yang mesti diikuti, yaitu, tuntunan etik, tuntunan kesantunan atau kesopanan, tuntunan hukum, tuntunan integritas, dan tuntunan cita-cita," kata dia.

Dari tuntunan tersebut, sambung dia, yang lebih utama adalah tuntunan etik dibandingkan dengan tuntunan hukum.

Pasalnya, kata dia lagi, pedoman utama setiap pekerjaan profesi adalah etika, sebab tugas dan pekerjaan jurnalistik atau kewartawanan merupakan pekerjaan profesi.

"Kedua, untuk mewujudkan pers yang sehat, setiap pekerjaan profesi menuntut kompetensi tinggi yang meliputi pengetahuan dan keterampilan," kata dia.

Syarat yang ketiga adalah sistem pengelolaan pers. Pengelolaan pers dapat dibedakan antara pengelolaan perusahaan pers dan pengelolaan penerbitan pers.

"Selain untuk mencapai efisiensi, efektivitas dan produktivitas sebagaimana fungsi dari perangkat manajemen pada umumnya, pengelolaan perusahaan dan penerbitan pers yang baik merupakan suatu upaya dalam membangun dan memelihara kepercayaan publik," kata dia.

Sedangkan syarat yang keempat, kata Bagir Manan, pers yang sehat harus dapat menuntun masyarakat.

"Selain memberikan informasi yang benar, pers yang bertanggung jawab dan sehat semestinya menjadi penuntun masyarakat, memberikan rasa tenteram kepada masyarakat," katanya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer