Home » » Korupsi DAK Pendidikan Donggala : Penyidikan Kabag Kesos Sigi Rampung

Korupsi DAK Pendidikan Donggala : Penyidikan Kabag Kesos Sigi Rampung

Written By Redaksi kabarsulawesi on Kamis, 13 Mei 2010 | 12:29 PM

DONGGALA – Penyidikan kasus dugaan korupsi dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan tahun 2008 dengan tersangka Kepala Bagian Kesejahteraan dan Sosial (Kesos) Sigi, Usuluddin, MSs, M.Pd akhirnya selesai. Saat ini tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Donggala tinggal melakukan persiapan pelimpahan berkas perkara Usuluddin kepada jaksa penuntut umum (JPU). 

Hal ini disampaikan Plt Kajari Donggala melalui Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Candra, SH ketika menjawab pertanyaan Radar Sulteng, Selasa (11/5). Candra mengemukakan, pemeriksaan saksi atas nama tersangka Usuluddin sudah selesai. “Insya Allah, akhir Mei atau paling lambat awal Juni berkas perkara tersangka Usuluddin kita limpahkan kepada JPU. Sudah siap dilakukan pelimpahan tahap dua,” tegas Candra.
Menyinggung status tahanan Usuluddin, Candra mengemukakan, saat ini Usuluddin menjalani tahanan kota. Dia belum ditahan di Rutan. 

Sekadar mengingatkan, kasus dugaan korupsi ini terjadi ketika Usuluddin masih menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Donggala. Sebenarnya, kasus korupsi DAK bidang pendidikan tahun 2008 ini telah menyeret tiga tersangka. Mereka adalah Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) proyek rehabilitasi sekolah, Kaimudin, S.Pd, bendahara dan pembantu bendahara DAK bidang pendidikan, Isra dan Syarifah. Namun, saat proses hukum di Pengadilan Negeri Donggala, Majelis Hakim hanya memvonis bersalah satu dari tiga tersangka. Kaimuddin divonis hukuman penjara selama satu tahun lebih, sedangkan Isra dan Syarifah divonis bebas. 

Berkaitan dengan masalah kasus tersebut, Usuluddin yang dihubungi Radar Sulteng beberapa waktu lalu mengakui bahwa dirinya telah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi DAK bidang pendidikan tahun 2008. “Kalau sudah ditetapkan jadi tersangka, saya hadapi saja. Keluarga juga memberikan dukungan,” ungkap Usuluddin kepada Radar Sulteng saat itu. 

Pada bagian lain, Usuluddin mengaku kaget sekaligus heran ketika statusnya dijadikan tersangka dalam kasus korupsi DAK bidang pendidikan, karena pada pemeriksaan sebelumnya dia hanya berstatus sebagai saksi.(bil)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer