Home » » Presiden Umumkan Menkeu Ganti Sri Mulyani

Presiden Umumkan Menkeu Ganti Sri Mulyani

Written By Redaksi kabarsulawesi on Kamis, 20 Mei 2010 | 2:00 AM


Kabar Sulawesi : Pengumuman Agus sebagai Menteri Keuangan yang baru disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhyono, didampingi Wakil Presiden Budiono di kediaman pribadi Presiden, Cikeas Bogor, Rabu malam. Menjelang pengumuman muncul sejumlah nama yang masuk dalam bursa menteri keuangan, antara lain  Darmin Nasution, Anggito Abimanyu, Armida Alisjahbana, Ani Ratnawati, Agus Martowardojo


Duet Agus-Anny Pimpin Kemenkeu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sebagaimana diprediksikan banyak kalangan,  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan. Ia menggantikan Sri Mulyani Indrawadi yang mengajukan pengunduran diri tanggal 5 Mei lalu.

Sebagai nakhoda Kementrian Keuangan, Direktur Utama Bank Mandiri ini tak sendirian.Ia akan didampingi Anny Ratnawati, sebagai wakil menteri keuangan. Any sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Anggaran Kementrian Keuangan. Duet ini akan dilantik Kamis sore di Istana Negara

Pengumuman Agus sebagai Menteri Keuangan yang baru disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhyono, didampingi Wakil Presiden Budiono di kediaman pribadi Presiden, Cikeas Bogor, Rabu malam. Menjelang pengumuman muncul sejumlah nama yang masuk dalam bursa menteri keuangan, antara lain  Darmin Nasution, Anggito Abimanyu, Armida Alisjahbana, Ani Ratnawati, Agus Martowardojo

Agus sebelumnya sempat dicalonkan sebagai calon Gubernur Bank Indonesia bersama dengan Raden Pardede. Usul pencalonan Agus dan Raden Pardede disampaikan Presiden melalui surat kepada pimpinan DPR RI 15 Februari 2008. Namun usulan presiden ditolak oleh DPR. Hingga saat ini Bank Indonesia belum memiliki pengganti Burhanuddin Abdullah yang mengakhiri jabatan 17 Mei 2008.

Penunjukan menteri keuangan baru dilakukan menyusul mundurnya Sri Mulyani Indrawati dari posisi Menkeu tanggal 5 Mei 2010. Sri mundur karena  menerima tawaran dari Bank Dunia sebagai Managing Director mulai 1 Juni 2010. Ia akan menggantikan Juan Jose Daboub. Daboub, mantan Menteri Keuangan El Salvador, yang akan berakhir jabatannya pada 30 Juni 2010.

Menteri BUMN Bangga Agus Jadi Menkeu

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengaku senang dan bangga atas terpilihnya Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Agus Martowordojo sebagai Menteri Keuangan pengganti Sri Mulyani Indrawati.

"Saya sangat senang dan bangga atas terpilihnya pak Agus. Sebagai pembina BUMN, saya bangga anak buah saya ditunjuk sebagai menkeu untuk berbakti kepada negara. Jadi, saya sangat mendukung pak Agus menjadi menkeu," katanya kepada Republika, Rabu (19/5) di Jakarta.

Seperti diketahui, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono baru saja mengumumkan bahwa Agus Martowardoyo sebagai menkeu. SBY menunjuk Agus Marto karena bos Bank Mandiri itu memiliki kecakapan, integritas, pengalaman dan pengetahuan yang baik. Sementara itu, posisi Wakil Menkeu diduki oleh Anny Ratnawati yang saat ini menjadi Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan.

Menyoal siapa pengganti posisi Agus sebagai bos Bank Mandiri, Mustafa mengungkapkan hal itu akan dibahas saat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Mandiri. "Sesuai mekanisme perusahaan terbuka, tentu saja harus melalui RUPSLB. Setidaknya itu akan dilangsungkan paling lambat dalam 45-50 hari dari sekarang," papar Mustafa.

Sekadar informasi, Agus Martowardojo dilahirkan di Amsterdam, Belanda, 24 Januari 1956. Selama menjabat sebagai Dirut Bank Mandiri, pria lulusan Fakultas Ekonomi UI itu berhasil membawa bank pelat merah itu menjadi bank nomor satu dalam perolehan aset.

"Dia memasukkan keuntungan dari sekitar Rp 600 miliar, sekarang menjadi Rp 6 triliun, 10 kali lipat kan?" ungkap Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu beberapa waktu lalu. Lalu saat ditanyakan apa tanggapannya jika Agus Marto ditunjuk sebagai menkeu, ia menjawab, "Ya kalau untuk kepentingan negara ya mau bagaimana lagi? Kalau itu jadi, ya ada RUPS lagi," tandasnya.
Red: taufik rachman
Rep: C08


Kadin: Agus Martowardojo Mengerti Sektor Riil

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pjs Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Adi Putra Tahir mengatakan, pihaknya  mendukung terpilihnya Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) yang baru.''Yang sudah diputuskan Presiden, kita harus sesuaikan. Siapapun Menkeu-nya, kita tetap dukung,'' katanya ketika dihubungi, Rabu (19/5) malam.

Mengenai sosok Agus sebagai Menkeu terpilih, Adi menilainya sebagai sosok yang mengenal sektor riil dengan baik. Menurutnya, seorang Menkeu selain menguasai ekonomi makro harus pula memahami dan peduli terhadap sektor riil. Selama ini, dia berkata, hubungan Agus dengan Kadin terjalin sangat baik.

''Mandiri kan salah satu bank terbesar. Dia sudah mengerti persoalan industri. Relasinya dengan para pengusaha juga baik. Kan Menkeu harus concern pada investasi di sektor riil,'' tegasnya.

Mengenai harapannya terhadap Agus, Adi ingin Menkeu baru bisa memperjuangkan penurunan suku bunga kredit bagi industri agar daya saing nasional meningkat.

Red: Krisman Purwoko
Rep: c15

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer