Home » » Parepare Berhasil Meraih Piala Adipura Ke-6 Kalinya

Parepare Berhasil Meraih Piala Adipura Ke-6 Kalinya

Written By Redaksi kabarsulawesi on Senin, 14 Juni 2010 | 1:36 PM


Kabar Sulawesi – Parepare : Meraih sertifikat Adipura saja sudah luar biasa apalagi kalau dapat pialanya. Bahkan berhasil meraihnya enam tahun berturut-turut.

Parepare Berhasil Meraih Piala Adipura Ke-6 Kalinya

PAREPARE- Setelah berhasil meraih Piala Adipura yang keenam kalinya secara berturut-turut, maka Parepare bersiap-siap meraih kembali piala tersebut tahun depan untuk ketujuh kalinya sehingga salah satu prasayarat mengikuti lomba kebersihan tingkat Asia Tenggara.

Hal tersebut ditegaskan Walikota Parepare, H Mohammad  Zain Katoe saat memberikan sambutan sebelum Piala Adipura diarak keliling kota di Pantai Mattiritasi Baru, Sabtu (12/6). Menurutnya Piala Adipura yang diterima Presiden RI, 8 Juni lalu harus dapat dipertahankan.
“Insya Allah Piala Adipura ini akan kita perjuangkan karena ini merupakan tantangan,kami harapkan dipacu terus untuk mempertahankan dan meraih piala ini untuk ketujuh kalinya. Kita harus  memperoleh nilai 73 di bulan oktober nanti sebagai penilaian pertama karena tahun lalu kita mendapat nilai 71.” Ujar Zain.

Atas prestasinya meraih Piala Adipura keenam kalinya ini, tak tanggung-tanggung Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo saat memberikan sambutan pada acara penyerahan Piala Adipura Kabupaten/kota di Baruga Sangianseri Rujab Gubernur  t iga hari yang lalu.

Saat  menyampaikan pujian dan terima kasih kepada masing-masing penerima penghargaan Adipura, Syahrul mengomentari secara khusus prestasi Zain Katoe atas diterima dan dipertahankannya Piala Adipura yang keenam kalinya sejak 2005 silam. Menurutnya, bukan hal yang mudah bagi setiap daerah dan kepala daerah untuk bisa meraih Adipura.

“Meraih sertifikat saja sudah luar biasa apalagi kalau sudah dapat pialanya. Bahkan Pak Zain Katoe bersama kota yang dipimpinnya berhasil meraihnya enam tahun berturut-turut. Ini sungguh prestasi yang luar biasa,” katanya

Penerima Adipura  tahun ini sebanyak 140 kabupaten/kota yang terdiri atas 9 Kota Metropolitan,4 kota besar,41 kota sedang dan 86 kota kecil. Khusus Sulawesi Selatan,peraih Piagam Adipura untuk Kategori Sedang yakni Parepare, Palopo dan Watampone. Sedangkan untuk Kota Kecil diraih Kota Pangkajene Pangkep,Watangsoppeng,Sinjai,Barru,Pinrang, Sengkang. Makassar sendiri kecipratan Piagam Adipura untuk Kategori Kota Metropolitan.(*)



PAREPARE- Akhirnya Piala Adipura yang keenam kalinya diraih secara berturut-turut tiba di Kota Bandar Madani Sabtu (12/6) sekitar pukul 15.00 Wita. Piala tersebut dibawa langsung oleh Walikota Parepare, H Mohammad Zain Katoe dan selanjutnya diserahkan kepada Ketua DPRD Parepare, H Muhadir Haddade dan kemudian diserahkan kepada ketua panitia penjemputan.

Hadir dalam penjemputan ini adalah para pejabat Muspida Kota Parepare, pimpinan unit kerja lingkup Pemkot Parepare dan masyarakat umum yang tak inigin melewatkanmomen yang sangat dinanti-nantikan ini.

Beberapa elemen masyarakat turut mengarak Piala Adipura diantaranya Kerukunan Keluarga Jawa, Gapensi, Komunitas Sepeda. Disepanjang jalan yang dilalui arak-arakan,masyarakat biasa bersama para pelajar berdiri di kiri kanan jalan untuk melihat lebih dekat Piala Adipura sebagai lambang supremasi untuk kota bersih.

Rute-rute yang dilalui yakni Jalan Mattirotasi, Abd Kadir, Bau Massepe, Andi Isa, Sultan Hasanuddin, Baso Dg Patompo, HM Arsyad,Jalan Laupe (STAIN),Ahmad Yani, Abu Bakar Lambogo,Lahalede, Andi Makkasau, Andi Mappatola, AgussalimKaraeng Bura’ne dan finish di Rumah Jabatan.

Walikota Parepare, H Mohammad Zain Katoe kepada wartawan saat tiba di Rujab Walikota mengungkapkan bahwa salah satu trik yang ia gunakan meraih kembali  Piala Adipura adalah mengajak dan melibatkan masayarakat dalam menata dan menjaga kebersihan.

“ Saya juga meminta kepada untuk menanam pohon bukan menebang pohon sehingga Parepare menjadi Clean and Green City (red:Kota bersih dan hijau). Saya juga membantah kalau Piala Adipura ini bisa dibeli.Ini murni kerja keras masyarakat kota sehingga diterimanya piala merupakan bukti keberhasilan pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kebersihan ” ungkapnya.(*)



Syahrul Puji Kinerja Zain Katoe

MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo memuji kinerja Wali Kota Parepare H Mohammad Zain Katoe saat membawakan sambutan pada acara Penyerahan Piala Adipura 2010 di Baruga Sangiangseri Gubernuran Sulsel, Jl Sungai Tangka, Makassar, Kamis (10/6). Syahrul juga berterima kasih kepada Zain Katoe yang berhasil mempertahankan Piala Adipura untuk yang keenam kalinya secara berturut-turut tanpa putus.

Syahrul menyampaikan pujian dan ucapan terima kasih yang sama kepada bupati dan wali kota beberapa daerah di Sulsel yang juga ikut menerima penghargaan Adipura dari Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, di Jakarta, Selasa (8/6) lalu.

“Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada wali kota dan bupati yang berhasil memperoleh penghargaan Adipura dari Presiden SBY beberapa hari lalu di Jakarta. Tentunya keberhasilan bupati dan wali kota juga merupakan prestasi bagi gubernurnya kodong,” kata Syahrul yang disambut tawa para hadirin dan undangan.

Saat  menyampaikan pujian dan terima kasih kepada masing-masing penerima penghargaan Adipura, Syahrul mengomentari secara khusus prestasi Zain Katoe atas diterima dan dipertahankannya Piala Adipura yang keenam kalinya sejak 2005 silam. Menurutnya, bukan hal yang mudah bagi setiap daerah dan kepala daerah untuk bisa meraih Adipura.

“Meraih sertifikat saja sudah luar biasa apalagi kalau sudah dapat pialanya. Bahkan Pak Zain Katoe bersama kota yang dipimpinnya berhasil meraihnya enam tahun berturut-turut. Ini sungguh prestasi yang luar biasa,” katanya.
Ditambahkan pula, bukan hal mudah bagi kepala daerah mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara lingkungan yang bersih hingga kemudian meraih Piala Adipura. Karena itu, Syahrul tidak segan-segan juga untuk mengklaim bahwa keberhasilan para bupati dan wali kota itu juga merupakan prestasi bagi dirinya.



Adipura VI Bakal Diarak Keliling Parepare

PAREPARE – Kerjas keras seluruh komponen masyarakat Parepare ’berburu’ gelar Kota Adipura  di Indonesia, akhirnya berbuah setimpal. Bersama kabupaten/kota lain, tahun ini Kota Parepare kembali dinobatkan sebagai salah satu daerah penerima Piala Adipura. Anugerah ini merupakan kali keenam diterima Parepare secara berturut-turut sejak tahun 2004.

Walikota Parepare, H. Mohammad Zain Katoe menerima langsung penghargaan tertinggi nasional di bidang kebersihan dan lingkungan tersebut. Penyerahan Piala dilakukan Presiden Republik Indonesia pada acara penutupan Pekan Lingkungan Indonesia, CRS Indonesia dan Renewable Energy Indonesia di Jakarta,  Selasa tanggal 8 Juni 2010.

Sementara itu, sebagai bentuk rasa syukur dan dalam rangka lebih memberi makna atas perolehan Anugerah Piala Adipura VI, Pemerintah Kota Parepare berencana mengarak piala tersebut keliling Kota Parepare. Kegiatan penerimaan/penjemputan dijadwalkan Sabtu (12/6) di persimpangan Jalan Mattirotasi-Jalan Bau Massepe.

Wakil Ketua Panitia penerimaan/penjemputan, Drs. H. Amran Ambar, M.Pd, Rabu (9/10), memastikan seluruh kecamatan akan dilalui kegiatan arak-arakan. Pihaknya kata Amran Ambar yang juga Asisten Bidang Ekbang Setdako Parepare ini, telah melayangkan surat kepada seluruh pimpinan SKPD, pimpinan instansi vertikal, pimpinan TNI/Polri, pimpinan BUMN dan BUMD, untuk ikut  melakukan penjemputan dan mengarak piala kebanggaan Parepare tersebut.

Surat serupa kata Amran Ambar, juga  telah disampaikan kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi, perusahaan swasta, dan seluruh pimpinan organisasi sosial kemasyarakatan, LSM, serta pimpinan media, sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Kota Parepare atas diperolehnya Piala Adipura keenam tahun ini.

Mengenai rute arak-arakan, Amran menjelaskan, setelah dilakukan kegiatan penerimaan, rombongan akan melalui Jalan Bau Massepe, Jl. Andi Isa, Jl. Sultan Hasanuddin, Jl. Baso Dg. Patompo, Jl. Lasinrang, Jl. Andi Arsyad, Jl. Laupe, Jl. Lingkar Lapadde – Perumnas Wekkee,  Jl. Wekkee, Jl. Ahmad Yani, selanjutnya finish di Rumah Jabatan Walikota Parepare. 

 

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer