Home » » KPU Konawe Selatan Laporkan Hasil Pilkada Ulang

KPU Konawe Selatan Laporkan Hasil Pilkada Ulang

Written By Redaksi kabarsulawesi on Kamis, 22 Juli 2010 | 5:19 AM

Kabar Sulawesi : "Kami pastikan 9 Agustus 2010 Imran/Sutoardjo akan dilantik Gubernur Sultra sebab pada 8 Agustus atau hari berakhirnya massa jabatan periode pertama bertepatan dengan hari Minggu," ujar Endang. KPU setempat dua kali menyelenggarakan pemilihan kepala daerah. Pilkada pertama digelar pada 8 Mei yang dimenangkan pasangan Imran- Sutuardjo Pondiu dibatalkan majelis hakim MK karena dalam persidangan terbukti adanya pelanggaran hukum.



KPU Konawe Selatan Laporkan Hasil Pilkada Ulang

Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, melaporkan hasil pemungutan suara ulang ke Mahkamah Konstitusi (MK).
Ketua KPU Konawe Selatan Achmadi melalui telepon dari Jakarta, Rabu mengatakan, dipandang perlu melapor ke MK karena lembaga tersebutlah yang memerintahkan diadakannya pemungutan suara ulang yang digelar 11 Juli 2010.
"Kedatangan KPU Konawe Selatan ke MK sekadar melaporkan hasil pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah sebagaimana putusan hukum lembaga tersebut," kata Achmadi.
Selain melaporkan hasil pemilihan kepada MK, KPU akan berkonsultasi dengan pihak Depdagri dalam rangka penerbitan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden RI untuk pasangan bupati/wakil bupati teprilih.
KPU menetapkan pasangan Imran/Sutoardjo Pondiu sebagai pemenang pemungutan suara ulang 11 Juli yang diusung koalisi Partai Demokrat dan PAN dengan perolehan suara 69.205 atau 52,55 persen dari total suara sah sebanyak 131.695 suara.
Pesaingnya pasangan Surunuddin Dangga-Muchtar Siolondae yang dijagokan Partai Golkar bersama 21 partai lain mendapatkan 55.664 suara atau 42,27 persen.
Dua pasangan lainnya Rustam Tamburaka-Bambang Setyobudi (Partai Hanura, PP, PKBI dan PBB) mendapat 4,62 persen atau 6.090 suara dan pasangan Anshar-Yan Sulaeman (colon perorangan, red) hanya mendapat 0,56 persen atau 736 suara.
Ketua tim pemenangan pasangan Imran/Sutoardjo Pondiu, Muh Endang mengatakan bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Konawe Selatan, periode 2010-2015 yakni Imran-Sutuardjo Pondiu dijadwalkan dilantik Gubernur Sultra Nur Alam pada 9 Agustus 2010.
"Kami pastikan 9 Agustus 2010 Imran/Sutoardjo akan dilantik Gubernur Sultra sebab pada 8 Agustus atau hari berakhirnya massa jabatan periode pertama bertepatan dengan hari Minggu," ujar Endang.
KPU setempat dua kali menyelenggarakan pemilihan kepala daerah. Pilkada pertama digelar pada 8 Mei yang dimenangkan pasangan Imran- Sutuardjo Pondiu dibatalkan majelis hakim MK karena dalam persidangan terbukti adanya pelanggaran hukum.
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer