Home » » Pasar Sidrap Terbakar, Satu Orang Tewas

Pasar Sidrap Terbakar, Satu Orang Tewas

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 27 Agustus 2010 | 4:13 AM


Kabar Sulawesi, Sidrap-Sulsel : Kebakaran yang terjadi di pasar sentral Sidrap, Sulsel, menewaskan satu orang. Ia tewas tertimpa reruntuhan kios saat hendak mengamankan barang dagangnnya. Kerugian akibat kebakaran ini mencapai miliaran rupiah. Catatan sementara, Sedikitnya 100 kios habis terbakar.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, memberikan bantuan, besarnya bantuan yang disumbangkan Rp200 juta. Gubernur mengatakan, meskipun tidak begitu besar, namun bantuan ini dapat digunakan untuk membangun kios sementara. "Pedagang yang menjadi korban harus bisa kembali berdagang sebelum Lebaran tiba," ucapnya.



Banyaknya kios atau lods yang terbakar itu, karena terlambatnya dilakukan pemadaman. Petugas kebakaran yang datang ke lokasi kesulitan memadamkan api, lantaran, Petugas pemadam kesulitan mendekati pasar karena jalan menuju lokasi tertutup dengan tumpukan barang pemilik kios. 

Untuk tidak menjalar lebih jauh, para pedagang dan masyarakat sekitar melakukan pemadaman kebakaran itu dengan menggunakan alat sederhana. Belum diketahui penyebab kebakaran di pasar yang berlokasi di tengah kota tersebut. Namun dugaan sementara, penyebab kebakaran akibat koslettung listrik.

Gubernur Salurkan Bantuan Renovasi Pasar Sentral Sidrap
Sidrap, Sulsel (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menyalurkan bantuan untuk renovasi Pasar Sentral Pangkajene Kabupaten Sidrap yang terbakar Rabu (25/8). "Bantuan ini sifatnya hanya untuk pembangunan darurat agar pedagang bisa berdagang secepat mungkin," ungkapnya, di Sidrap, Kamis. Besarnya bantuan yang disumbangkan Rp200 juta.

Gubernur mengatakan, meskipun tidak begitu besar, namun bantuan ini dapat digunakan untuk membangun kios sementara. "Pedagang yang menjadi korban harus bisa kembali berdagang sebelum Lebaran tiba," ucapnya. Selain mendapatkan bantuan renovasi, dalam waktu dekat akan akan disalurkan pula kredit bagi pedagang. Untuk itu, ia meminta kepada Bupati Sidrap agar segera menyurat ke Bank Sulsel untuk bisa mengeluarkan dana tersebut.

"Kredit ini akan diberikan kepada pedagang yang belum mengajukan kredit di bank lain," tuturnya. Ia mengatakan, saat ini tersedia dana yang cukup besar di Bank Sulsel, yaitu Rp500 miliar, sehingga dana bisa dicairkan dengan cepat. Jika sudah ada pedagang yang sudah mengajukan kredit di bank lain, maka pemerintah daerah diminta untuk memberikan kemudahan.

Ia juga mengimbau agar pemerintah kabupaten segera berkoordinasi dengan pedagang di pasar tersebut. Bupati harus mengakomodir seluruh kebutuhan pedagang yang paling mendesak, sehingga aktivitas ekonomi tetap bisa berjalan Sebenarnya, kata Gubernur, bank lain juga bisa ikut memberikan kredit kepada pedagang yang terkena musibah. Namun, karena kredit ini sangat mendesak, Bank Sulsel lah yang bisa dengan cepat mengeluarkan kredit karena menjadi bagian dari Pemprov Sulsel.


Foto :Liputan6.com - Kebakaran Hebat Terjadi di Pasar Sidrap - Antara : 
Gubernur Salurkan Bantuan Renovasi Pasar Sentral Sidrap


Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer