Home » » 46 Miliar Dana BOS Untuk Pendidikan di Pinrang

46 Miliar Dana BOS Untuk Pendidikan di Pinrang

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 18 Februari 2011 | 5:47 PM


Kabarsulawesi:. Upaya Pemerintah kabupaten Pinrang dalam mewujudkan peningkatan mutu pendidikan didaerah ini tidak main main. Sebab, Salah satu indikator paling penting guna peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Pinrang  yakni penganggaran untuk membantu proses peningkatan kualitas terutama disektor pendidikan. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan keterlibatan semua unsur dan elemen masyarakat yang ada.

Untuk tahun ini pemerintah mengalokasikan anggaran Dana BOS  (Bantuan Operasional  Pendidikan) yang cukup besar ke Kabupaten Pinrang, Sulsel, yakni mencapai 46 Miliar lebih atau meningkat Rp.4 Miliar dibanding tahun lalu. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pinrang H.A.Mappanyukki, mengatakan,
besarnya alokasi anggaran yang digelontorkan Pemerintah Pusat dan Daerah disektor pendidikan membuktikan keseriusan dan besarnya perhatian pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan didaerah ini.

Semua pihak yang bergelut didunia pendidikan seyokyanya melakukan langkah efektif dan efisien serta mengadepankan transparansi dalam mengelolah anggaran tersebut, sekaligus memberi manfaat yang cukup besar dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini”. Kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Pinrang H.A.Mappanyukki

Keinginan tersebut, aku Mappanyukki, sangat sesuai dengan arah kebijakan sektor pendidikan tahun 2011 yang mengarah kepada peningkatan mutu serta revitalisasi pendidikan, dan memprogramkan penyebaran guru atau tenaga pendidik secara merata kesemua wilayah khususnya dikawasan pegunungan dan daerah terpencil.

“ Secara umum pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan membuat arah kebijakan pendidikan tersebut untuk memberi semangat dan ruang lingkup yang cukup luas agar dapat mengembangkan dirinya , potensi serta keterampilan yang dimilikinya agar dapat hidup mandiri ditengah masyarakat atau dapat melanjutkan oendidikan kejenjang yang lebih tinggi tanpa dipungut biaya.” Tegasnya.

Anggaran BOS yang digunakan untuk menunjang  pelaksanaan pendidikan didaerah ini jumlahnya sangat besar. Data di Dikpora Pinrang menyebutkan, sekolah dasar negeri sebesar  Rp.19,5 Miliar, SD swasta sebesar Rp.270 juta. Sementara untuk Sekolah Menengah Pertama yang berstatus Negeri  sebesar Rp. 9,5 Miliar dan Swasta sebesar Rp.341 juta.Dana tersebut dialokasikan kepada siswa SD negeri yang berjumlah 4008 siswa sedangkan SD Swasta 682 sisiwa, dengan kisaran persisiwa sebesar 397 ribu untuk SD, dan untuk SMP sebesar 570 ribu persiswa pertahunnya.

SD Negeri yang ada di daerah ini (Pinrang), sebanyak 317 yang berstatus negeri  dengan jumlah siswa sebanyak 4008 sisiwa. Sedangka SD Swasta sebanyak 7 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 682 siswa. Untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri sebanyak 51 sekolah, jumlah ini sudah termasuk sekolah terbuka dan sekolah satu atap. Dengan jumlah siswa sebanyak 16.986 siswa. Sedangkan SMP Swasta sebanyak 7 sekolah dengan jumlah siswa 745 siswa. Sementara dana pendidikan Gratis sebesar Rp.9,2 Miliar dan dana sertifikasi sebesar Rp.32,6 Miliar

Dana BOS pada triwulan pertama tahun 2011 ini masih bersumber dari APBD yang transfer ke pemerintah daerah  melalui Dinas Pendidikan kesekolah yang berstatus negeri .Sedangkan untuk sekolah swasta , disalurkan melalui Dinas PPKAD dalam bentuk dana hibah. Adapun mekanisme penyaluran dana BOS bersifat fluktuasi. Artinya, kadang mengalami kenaikan, bahkan bisa mengalami penurunan. Dicontohkan, sekolah yang memiliki  150 orang siswa, namun pada laporan pertanggungjawaban dana BOS hanya terdaftar sebanyak 145 siswa, maka kelima siswa tersebut danaya akan dikembalikan ke kas negara. Demikian pula sebaliknya, jika yang terdaftar 145 siswa namun sekolah tersebut memiliki jumlah siswa sebanyak 150 orang siswa, maka kekurangan yang belum diterima akan diakumulasikan pada penerimaan dana BOS berikutnya.” Akunya. (sulhayat)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer