Home » » Rp. 10,2 Milyar Tunggakan Dana Bergulir Koperasi UKM di Enrekang

Rp. 10,2 Milyar Tunggakan Dana Bergulir Koperasi UKM di Enrekang

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 21 Juni 2011 | 6:08 PM


Kabar Sulawesi : ENREKANG – Dana bergulir yang disalurkan Kementerian Koperasi dan UKM  ke Kabupaten Enrekang, Sulsel, rupanya tidak berguliralias hanya jalan di tempat.Parahnya lagi, terjadi tunggakan hingga milyaran rupiah.

Tunggakan dana bergulir yang di salurkan ke berbagai jenis Koperasi yang beroperasi di Kabupaten Enrekang sejak tahun 2000 hingga sekarang meninggakan tunggakan yang sangat sulit untuk ditebus kembali oleh pemerintah dalam hal ini Pemda Enrekang. Pasalnya, menuruut catatan yang ada, sejak tahun 2000 dana bergulir itu hingga sekarang telah mencapai 10,2  milyar rupiah.
Menurut data di Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan setempat, dari sejumlah Koperasi penerima dana bergulir tersebut, terdapat 7 Koperasi penerima dana bergulir terbesar. Koperasi itu adalah ; KSP Mekar Kambilongi Rp1 miliar, Koperasi Trikora Mas Rp250 juta, koperasi Primkopari Rp200 juta. Koperasi Pariwisata Maspul Rp100 juta, koperasi ternak unggas petik Rp100 juta, KUD Gaurisulo Rp100 juta serta KUD Kambiolangi Rp100 juta.

Ketujuh Koperasi ini oleh pihakKejaksaan Enrekang akan dilakukan penagihan. Namun langkah yang dilakukanpihak Kejaksaan ini masih menunggu Surat Kuasa Khusus (SSK) dari Pemkab Enrekang.

Disebutkan, selama ini pihak Kejari Enrekang terus berupaya melakukan penagihan pengembalian dana bergulir, dan banyak menuai keberhasilan. Dari catatan yang ada di Kejari Enrekang, sejak Kejari Enrekang melakukan penagihan, berhasil mengumpulkan pengembalian dana bergulir senilai Rp. 8,5 milyar, dalam bentuk pengembalian sewa alat berat, denda proyek bermasalah serta tunggakan pajak golongan C.(sulhayat).

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer