Home » » Pers Adalah Wujud Kedaulatan Rakyat

Pers Adalah Wujud Kedaulatan Rakyat

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 16 Agustus 2011 | 8:34 PM

Kabar Sulawesi - Pers merupakan salah satu sarana perubahan dan kemajuan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara, pers berfungsi menyebarluaskan informasi, melakukan kontrol sosial yang konstruktif menyalurkan aspirasi rakyat, dan meluaskan komunikasi dan partisipasi masyarakat.

Signifikasinya fungsi pers harus mendapat tempat dan perlakuan yang sama dalam mengembangkan jati dirinya, karena pers memiliki kebebasan mengungkap fakta, terjamin dan terlindungi dalam pencarian berita,  dan nyaman dalam menyampaikan informasi.

Kebebasan itu benar-benar aman dari segala tindakan intervensi atau intimidasi pihak lain sebagai akibat pemberitaannya.

Kemerdekaan Pers merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat, dan unsur yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat yang demokratis, sehingga kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat dijamin dalam pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945.

Kemerdekaan menyatakan pikiran dan pendapat sesuai dengan hati nurani dan hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia yang sangat hakiki, yang diperlukan untuk menegakkan KEADILAN dan KEBENARAN, untuk memajukan kesejahteraan umumdan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pers sebagai alat dan wahana komunikasi massa, penyebar informasi dan pembentuk opini, berperangikut menjaga ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Pers, harus dapat melaksanakan asas, fungsi,hak, kewajiban, dan peranannya dengan sebaik-baiknya yang professional, sehingga harus  mendapat jaminan dan perlindungan hokum, serta bebas dari campur tangan dan paksaan dari manapun.

Wartawan karena profesinya, berhak menolak mengungkapkan nama dan atau identitas lainnya dari sumber berita yang harus dirahasiakan, sesuai ketentuan dalam pasal 1 ayat 10 undang-undang no.40 tahun 1999 tentang  PERS.

PERS  adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokratis , keadilan, dan supermasi hukum. Mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, pendidikan, hiburan dan kontrol social, dan dapatberfungsi sebagai lembaga dan atau konstitusi ekonomi.

PERS Mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi, mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang akurat tepat dan benar, melakukan pengawasan, keritik, koreksi dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum, untuk memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Setiap orang yang secara  melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi kemerdekaan PERS,akan dipidana penjara paling lama 2 tahun dan denda Rp.500.000.000,-   (walinono)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer