Home » » RAPBN 2012 Belanja Modal Naik 19,3 Persen

RAPBN 2012 Belanja Modal Naik 19,3 Persen

Written By Redaksi kabarsulawesi on Rabu, 17 Agustus 2011 | 2:58 AM

Kabar Sulawesi : Dalam penyampaian Nota Keuangan, selasa (16/8), presiden SBY mengatakan, pemerintah mengusulkan Peningkatan anggaran belanja modal menjadi Rp 27,2 T atau naik 19,3 persen dari anggaran sebelumnya. Kenaikan ini diharapkan untuk menunjang pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur energi, ketahanan pangan, dan komunikasi.

Lebih jauh presiden mengatakan, Di sektor perhubungan, untuk meningkatkan keterhubungan antarwilayah maka belanja modal akan dialokasikan untuk membangun jaringan rel kereta api baru sepanjang 150 kilometer, serta mengembangkan dan merehabilitasi 116 bandara serta pembangunan 14 bandara baru di berbagai daerah di tanah air.


Selanjutnya ditambahkan Presiden, belanja modal juga akan diarahkan untuk pembangunan jalan baru dan peningkatan kapasitas jalan sepanjang 4.005 km. "Pemerintah juga akan melakukan preservasi yang meliputi pemeliharaan dan perbaikan jalan sepanjang 36.319 kilometer, membangun jembatan baru sepanjang 7.682 meter dan memelihara jembatan sepanjang 217.076 meter diseluruh pelosok tanah air," Katanya.

Untuk mendukung ketahanan pangan, pemerintah berencana membangun sembilan waduk dan merehabilitasi 24 waduk  termasuk menyelesaikan pembangunan 87 embung atau situ dan merehabilitasi 62 embung atau situ.

Alokasi belanja modal di bidang perumahan, direncanakan untuk menunjang pembangunan 175 rumah susun sederhana sewa, serta unit hunian rumah susun beserta infrastruktur pendukungnya sebanyak 48 twin blocks, termasuk juga akan dimanfaatkan untuk membiayai pembangunan rumah murah sebanyak 62.500 unit.
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer