Home » » Warga Tolak Kompensasi Ganti Rugi Soal Sutet

Warga Tolak Kompensasi Ganti Rugi Soal Sutet

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 01 Mei 2012 | 11:55 PM

Kabarsulawesi - Luwu Timur : Kompensasi PT. Bukaka selaku kontraktor pengerjaan Sutet atau jaringan listrik tegangan tinggi di wilayah Kecamatan Tomoni, akhirnya menuai hasil. Warga masyarakat yang tinggal di daerah sepanjang tengangan tinggi tersebut mendapatkan kompensasi.

Namun menjadi pertanyaan sejumlah masyarakat maupun pemerintah setempat, soal ganti rugi atau kompensasi yang diberikan pihak kontraktor (PT. Bukaka) kepada warga, nilainya berbeda-beda.

Jumlah ganti rugi bervariasi, ada yang dibayarkan Rp 125 juta, ada yang menerimah Rp 75 juta,ada menerimah Rp 50 juta.

Jumlah dana kompensasi yang variatif itu,membat sebagian warga yang terkena sutet  menolak menerima kompensasi tersebut.

Penolakan warga dilakukan warga itu melakukan aksi complain pada saat pembentangan kabel listrik oleh pihak kontraktor. Warga disana memasang spanduk di dekat di posko yang dijaga satuan Polisi Pamongpraja dan anggota Polisi.

“Kami manusia, bukan batu. Jangan paksa kami tolak sutet”.

Begitulah bunyi tulisan spanduk yang dibentangkan warga menolak pembangunan jarigan listrik tegangan tinggi di daerah mereka.

Wartawan kabarslawesi.com mengkonfirmasikan soal harga ganti rugi yang berbeda-beda itu, namun Camat Tomoni maupun petugas kepolisian di tempat itu justr juuga tidak tahu mengapa ada anti rugi yang jumlahnya berbeda-beda.

Makmur,salah seorang tokoh masyarakat mengatakan, buntut dari pembayaran ganti rugi yang berbeda-beda itu, terpaksa masyarakat menolak menerima ganti rugi.

Informasi lain, seperti juga pertanyaan masyarakat di daerah tersebut, mereka menduga-duga mngkin ada oknm pejabat yang ikuut “bermain” dalam soal ganti rugi tersebut. Bahkan mereka menilai, pembayaran ganti rugi bervariasi itu lebih mengarah kepada kebijakan, bukan rasakeadilan masyarakat.

Sayangnya pihak kontraktor (PT. Bukaka) belum bias dikonfirmasi soal itu. (jamal andua).

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer