Home » » 13 Mantan Anggota DPRD Kota Kendari Di Penjara

13 Mantan Anggota DPRD Kota Kendari Di Penjara

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 14 September 2012 | 1:49 AM



Kabarsulawesi.com – Kendari : Salinan perintah Mahkamah Agung (MA) RI nomor: 1784 K/Pid.Sus/2010 tertanggal 23 Maret 2011, dan baru tiba di PN Kendari pada 6 September 2012, soal eksekusi 13 mantan anggoda DPRD kota Kendari, rencananya akan dilaksanakan, senin 17 September 2012.

Korupsi berjemaah di DPRD Kota Kendari terjadi tahun 2003-2004. Hasil keputusan hakim MA RI Nomor 1784 K/Pid.Sus/2010 tertanggal 23 Maret 2011 menolak permohonan kasasi para pemohon baik Jaksa Penuntut Umum maupun para terdakwa. MA menguatkan putusan Pengadilan Tinggi Sulawesi Tenggara Nomor 35/PID/2005/PT.SULTRA, tanggal 13 Maret 2006.

 Oleh karena itu, Ritonga berharap Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari sebagai eksekutor pada hasil putusan jilid II terhadap terpidana itu, dapat berlaku adil dalam melakukan eksekusi.

Ritonga menilai, tak ada alasan bagi kejaksaan untuk memperlambat proses eksekusi terhadap 13 terpidana yang masuk dalam berkas jilid II. Pasalnya, dalam pelaksanaan putusan maupun proses eksekusi, tidak bisa dibedakan jilid I dan jilid II. Apalagi, terdakwa yang ada dalam berkas jilid II dalah anggota badan anggaran DPRD Kota Kendari periode 1999-2004 saat kasus tersebut muncul.

Ke-13 mantan anggota DPRD menunggu eksekusi itu antara lain Siti Arfah Panudariama, Ahmad H Hasan, Hasan Batek, Dewiyati Tamburaka, Yani Muluk, Lodewijk Sonaru, Asmarani Edy Sul, Andi Ahmad, Thamrin Taherong, Haskar Hafid, Salahuddin, Abdul Kadir Samal dan La Ode Rusli Rais.

Untuk itu, Kejati Sultra, Abdul Karim menegaskan, agar para amntan nggota DPRD Kota Kedari tersebut kooperatif. Pasalnya, jika tidak menyerahkan diri, akan merugikan mereka. Mantan Wakajati Sulsel ini juga menegaskan, pihaknya tidak perlu lagi mengeluarkan suratpencekalan, sebab, mereka masing-masing telah diberikan surat putusan pencekalan sebelumnya.

Sayangnya, belum diketahui berapa lama para mantan anggota dewan kota kendari ini akan menjalani proses hukumnya. (admin)

Sumber berita/foto : antara kendari
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer