Home » » 3.102 Peserta Siap Bersaing di Olimpiade Sains Nasional 2012

3.102 Peserta Siap Bersaing di Olimpiade Sains Nasional 2012

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 11 September 2012 | 10:53 AM



Kabarsulawesi.com - Jakarta : Rangkaian kegiatan OSN yang dimulai 2-7 September diselenggarakan di sejumlah tempat di Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 3.102 peserta. “Peserta yang hadir adalah peserta unggulan yang telah diseleksi dan siap memberikan yang terbaik,” demikian dilaporkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Hamid Muhammad, pada acara pembukaan OSN IX di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah.

Adapun bidang ilmu yang dilombakan tingkat SD meliputi matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), sedangkan pada tingkat SMP meliputi matematika, fisika, biologi, dan IPS Terpadu. OSN untuk jenjang SMP telah dilaksanakan pada tanggal 28 Juni s.d. 4 Juli  2012 di Pontianak karena menyesuaikan dengan jadwal persiapan keikutsertaan pada olimpiade internasional.
Pada tingkat PKLK pendidikan dasar bidang lomba meliputi matematika IPA, cerdas cermat MIPA, bisnis plan, dan teknologi informasi (TI). Kegiatan diselenggarakan di Bali pada tanggal 2-6 September 2012. 

Adapun pada tingkat SMA meliputi matematika, fisika, biologi, kimia, astronomi, komputer, ekonomi, dan kebumian. Kemudian pada tingkat PKLK pendidikan menengah bidang lomba meliputi matematika, fisika, dan biologi. Sementara OSN Terapan SMK meliputi bidang lomba matematika terapan, matematika nonteknologi, biologi terapan, kimia terapan, dan fisika terapan diselenggarakan Oktober mendatang di DIY.

Sebanyak 100 finalis guru hasil seleksi tingkat provinsi juga akan berlomba. Untuk guru SMP akan berkompetisi di bidang matematika dan fisika, sedangkan guru SMA di bidang matematika, fisika, dan kimia. Adapun kompetisi untuk guru SMK akan dimulai tahun depan.

Selain kegiatan pokok OSN, diselenggarakan juga sejumlah kegiatan pendukung diantaranya Seminar Nasional Guru dan Wisata Edukasi. Di samping itu, untuk jenjang SMK diselenggarakan lomba debat bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Jepang, dan bahasa Mandarin. Kegiatan diikuti sekitar 160 peserta terdiri atas siswa SMK terbaik dari seluruh Indonesia. (web kemediknas - ASW/AR)

Sumber foto : frontroll.com

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer