Home » » Gubernur NTT Tersandung korupsi Dana Bansos ?

Gubernur NTT Tersandung korupsi Dana Bansos ?

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 14 September 2012 | 2:29 AM

Kabarsulawesi.com – NTT : Frans Lebu Raya, kini menjabat sebagai Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), diduga tersandung kasus korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos). Dduga Bansos tersebut tidak disalurkan sesuai dengan peruntukannya. Malah dana tersebut justru digunakan untuk sejumlah kegiatan para pejabat di Pemprov NTT. Mulai dari pejabat eksekutif hingga pejabat legislatif.

Salah peruntukan dana Bansos yang nilainya milyaran rupiah itu, memicu aksi demo yang dilakukan massa KOMTs (Koalisi Masyarakat untuk Indonesia Transparans) dan Forum Komunikasi Pemuda dan Mahasiswa NTT (FKPM NTT), di depan Gedung KPK.

Disebutkan, dana Bansos yang seharusnya disalurkan ke masyarakat tersebut, telah diungkap BPK Perwakilan NTT. Temuan BPK ini mengindikasikan adanya penyaluran dana bansos milyaran rupiah ke oknum pejabat dan digunakan untuk menyewa pesawat yakni sewa pesawat ke Kabupaten Flores Timur Rp27,9 juta, sewa pesawat ke Rote Ndao dan Sumba Timur Rp46 juta, dan sewa helikopter Rp14 juta ke Kabupaten Timor Tengah Utara.

Dana bansos juga dimanfaatkan untuk perjalanan dinas ke Jerman sebesar Rp166,4 juta dan China Rp27,2 juta. Ada transaksi keuangan yang menggunakan dana bansos namun tidak sesuai peruntukannya sebesar Rp607,3 juta.

BPK Perwakilan NTT juga menemukan adanya penyaluran dan penggunaan dana bansos sebesar Rp13,3 miliar yang belum dipertanggungjawabkan, serta ada penggelontoran dana bansos Rp6,5 miliar yang tidak disertai dokumen memadai. (admin)

sumber foto : ansel-boto.blogspot.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer