Home » » Hakim Tipikor Bebaskan Kasek SDN 86 Libureng

Hakim Tipikor Bebaskan Kasek SDN 86 Libureng

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 19 Oktober 2012 | 12:19 PM



Kabarsulawesi.com – Makassar : Muh Alwi Hasan, Kepala sekolah SDN 86 Libureng, Kabupaten Bone, yang disidang di Pengadilan Tipikor Makassar, akhirnya bisa menghirup udara bebas. Terdakwa kasus tuduhan mengurangi volume pekerjaan pada proyek pembangunan ruang kelas baru yang menggunakan anggaran negara sebesar Rp 319 juta, sehingga terdakwa di anggap merugikan kerugian negara sebesar Rp 35 juta pada pembangunan ruang kelas baru di SD Laburaseng.

Namun dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Makassar, Muh Alwi Hasan, Majelis hakim Tipikor Makassar, di Hakim Ketuai Janperson Sinaga dan  anggota masing-masing;  Isjunaedi dan Andi Bahtiar, menjatuhkan vonis bebas, padahal, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa hukuman 4 tahun penjara. 

Vonis bebas tersebut berdasarkan pertimbangan beberapa fakta yang terungkap selama proses persidangan berlangsung. Hakim Ketua Janperson Sinaga, mengatakan,  kerugian negara sebesar Rp35 juta rupiah seperti yang dituduhkan pihak jaksa tidak dapat dibuktikan. Pasalnya, anggaran tersebut masih berada di dinas pendidikan Kabupaten Bone dan belum dicairkan. 

Vonis bebas yang dijatuhkan tidak ada kaitannya dengan penerapan pasal yang keliru oleh JPU. Dalam dakwaan disebutkan terdakwa telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan melanggar pasal 3 ayat 1. Sementara dalam UU Pemberantasan Tipikor ayat 1 hanya ada pada pasal 2. (admin)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer