Home » » Pengacara Terdakwa Korupsi Tiang Listrik Selayar Minta Dibebaskan

Pengacara Terdakwa Korupsi Tiang Listrik Selayar Minta Dibebaskan

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 23 Oktober 2012 | 12:13 PM

Kabarsulawesi.com – Makassar :  Kuasa hukum Sudirman, Uddin Labe di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Makassar, Selasa (23/10), keberatan atas tuduhan Jaksa yang menyebutkan kliennya melakukan korupsi pengadaan tiang listrik di Kepulauan Selayar.

Hal itu diyakini Uddin, lantaran Sudirman bukanlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki kewenangan untuk melakukan korupsi, sebagaimana yang di dituduhkan Jaksa terhadap kliennya sesuai pembuktian pasal 3 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tindak pidana korupsi.

Menurut Pengacara Sudirman, pasal tersebut tidak pantas dikenakan kepada kliennya. Uddin mengatakan, Sudirman tidak termasuk dalam kategori pegawai negeri sipil yang memiliki kesempatan memanfaatkan kewenangan dan jabatan yang ada padanya.

Sudirman adalah seorang wiraswasta yang kebetulan mengerjakan proyek tersebut selaku kuasa direksi dari CV Putri Indah Malabi. Proyek pengadaan tiang listrik yang dimenangkan itu, kemudian dialihkan ke perusahaan lain.

Karena dianggap bermasalah Jaksa Penuntut Umum (JPU) di persidangan Tipikor Makassar, menjerat Sudirman Pasal 3 Undang-undang Tindak Pidana Korupsi karena diduga telah menguntungkan diri sendiri, orang lain, dan menyalahgunakan kewenangan karena jabatan yang dimilikinya.

Oleh JPU, Sudirman diancam pidana penjara selama dua tahun. Selain hukuman badan, terdakwa juga minta membayar denda Rp 50 juta subsider 3 bulan penjara. Bahkan diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp Rp 130 juta. (Admin)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer