Home » » Kabupaten Luwu Timur Miliki Keunggulan Komparatif

Kabupaten Luwu Timur Miliki Keunggulan Komparatif

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 12 Oktober 2012 | 9:11 AM



kabarsulawesi.com – Malili : Kabupaten Luwu Timur (Lutim) merupakan Kabupaten baru sebagai pemekaran dari Kabupaten Luwu Utara. Secara definitif Kabupaten Luwu Timur berdiri pada tahun 2003 berdasarkan UU No. 7 tahun 2003 dan diresmikan oleh Mendagri 3 Maret 2003.

Diusianya yang terbilang masih belia, Lutim yang berjuluk Bumi Batara Guru ini mengalami kemajuan yang sangat pesat di segala bidang. Capaian pertumbuhan ekonomi secaran nasional dalam skala mikro dan makro, menunjukkan bahwa geliat pembangunan telah mendorong pertumbuhan ekonomi secara sinergis dan menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Tidak mengherankan jika Lutim beribukota Malili ini berhasil mendapatkan berbagai penghargaan sejak tahun 2006. Sebut saja pada tahun 2011, berkat "tangan dingin" Bupati Lutim, H. A.Hatta Marakarma,MP, dan Wakil Bupati Luwu Timur H.Muh.Thoriq Husler yang tentunya sinergitas seluruh masyarakat Lutim,  daerah ini berhasil mendapatkan berbagai penghargaan ; Piala Adipura Untuk Luwu Timur dengan Kategori Kota Kecil, Tropi FIPO Award 2011, Tropi Otonomi Award, Nominasi Daerah dengan Terobosan Paling Menonjol Bidang Lingkungan Hidup, Piagam Otonomi Award, Nomimasi Daerah dengan Terobosan Inovatif Bidang Pelayaan Administrasi Kependudukan dan Perizinan, Piagam Otonomi Award, Nominasi Daerah dengan Terobosan Inovatif Bidang Kesehatan 2011, Piagam Otonomi Award, Nominasi Daerah dengan Terobosan Inovatif Bidang Pelayanan Pendidikan 2011.Piagam Otonomi Award, Nominasi Daerah dengan Terobosan Inovatif Bidang Pemerataan Ekonomi 2011.



Piagam Otonomi Award, Nominasi Daerah dengan Terobosan Inovatif Bidang Pemberdayaan Ekonomi, Piagam Penghargaan Yang Diberikan Kepada Kelompok P3A Merta Sari Kab. Luwu Timur Sebagai Juara I Lomba P3A Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan TA. 2011, Oleh Gubernur Sulawesi Selatan.

Prioritas pembangunan yang mengarah pada sektor pendidikan, kesehatan, pertanian dalam arti luas dan infrastruktur menunjukkan bahwa komitmen pemerintah Kabupaten Luwu Timur dalam percepatan dan pelaksanaan pembangunan berdasarkan prinsip adil dan merata.

Lutim memiliki potensi pengembangan dan pertumbuhan yang prospektif di  masa datang karena karakteristik khusus yang dimilikinya yaitu sebagai wilayah yang memiliki potensi kekayaan sumberdaya alam. Sehingga secara alamiah, Kabupaten Lutim memiliki keunggulan komparatif dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain di Sulawesi Selatan, apalagi daerah ini ada PT. Inco Sorowako sebagai perusahan tambang nikel sejak tahun 1968.

Dengan kebijakan - kebijakan daerah yang inovatif melalui penyederhanaan pelayanan birokrasi, kepastian hukum dan berbagai insentif investasi, Kabupaten Lutim dapat memberikan keunggulan bersaing (competitive advantage) bagi dunia usaha untuk berinvestasi, sesuai dengan visinya : Keberlanjutan Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan Publik menuju Kabupaten Agroindustri 2015”.(suhadir)

sumber : website lutim
sumber foto : google 
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer