Home » » Berawal Dari Kunker Wabup Tim Monitoring Kabupaten Temukan Guci Tua & Situs

Berawal Dari Kunker Wabup Tim Monitoring Kabupaten Temukan Guci Tua & Situs

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 09 November 2012 | 4:02 PM



Kabarsulawesi.com – Selayar :Beragam kesan istimewa mewarnai jalannya rangkaian kunjungan kerja Monitoring dan Evaluasi Pembangunan yang dipimpin langsung Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif, SH, selama kurang lebih tiga belas hari berada di lima wilayah kecamatan kepulauan.


Pada rangkaian kunjungan kerja kali ini, rombongan tim tak hanya berhasil menyerap setumpuk aspirasi kebutuhan mendasar masyarakat. Akan tetapi, rangkaian kunker yang menyertakan enam SKPD dan tiga organisasi ini juga tercatat berhasil mengungkap beragam potensi terpendam di tiga wilayah kecamatan kepulauan diantaranya : keberadaan benda cagar budaya, berupa guci berwarna coklat yang ditutupi dengan tumpukan tempurung, di bawah kolong rumah, salah seorang warga masyarakat Kecamatan Pasimasunggu.    

Kemudian, dalam perjalanan peninjauan lokasi jalan penghubung antar desa di Desa Lambego, rombongan tim berhasil menjumpai keberadaan situs Masjid Tua, Sumur Tua yang terselip di antara semak belukar dan rerumputan liar, tepat di perbatasan wilayah Desa Lambego, dan Desa Kembang Miati, Kecamatan Pasimarannu.

Selain itu, di lokasi yang sama juga ditemukan benda cagar budaya berupa lesung kayu, benda peninggalan warga kampung tua yang pada zaman dahulu pernah tinggal mendiami kawasan itu.


Kunjungan Kerja Wabup Kepulauan Selayar
Potensi terpendam lain, terkuak di Kecamatan Pasilambena yang diam-diam memiliki ratusan hektar lahan tidur. Bahkan, Camat Pasilambena, Sari Bintang, S.Sos, menyebut-nyebut,  bila kawasan tersebut sangat berpotensi untuk ditumbuh kembangkan sebagai kawasan percetakan sawah baru. 


Percetakan sawah baru di wilayah Kecamatan Pasilambena dipastikan siap menopang percetakan sawah di Kecamatan Pasimasunggu Barat dan Pasimasunggu Timur. Sari Bintang juga mengclaem, keberadaan dua wilayah desa di Kecamatan Pasilambena yang saat ini tengah digarap  warga sebagai kawasan pengembangan tanaman jati putih. Kedua wilayah yang diclaem tersebut  masing-masing : Desa Karumpa dan Desa Garaupa Raya. (fadly syarif)     

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer