Home » » Kwarran Pasimasunggu Timur Lengkapi Kepak Sayap Pramuka Kep. Selayar

Kwarran Pasimasunggu Timur Lengkapi Kepak Sayap Pramuka Kep. Selayar

Written By Redaksi kabarsulawesi on Sabtu, 10 November 2012 | 4:07 PM


 
Kabarsulawesi.com – Selayar : Prosesi pelantikan dan pengukuhan Pengurus Kwartir Gerakan Pramuka, Kecamatan Pasimasunggu Timur oleh Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Cabang Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH, menempatkan Pulau Ujung Jampea, pada posisi kecamatan kedua yang pengurus Kwarrannya telah dilantik secara sah.

Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH mengatakan, pengurus kwarcab kabupaten sengaja memanfaatkan kondisi cuaca teduh untuk melakukan serangkaian kegiatan pengukuhan pengurus organisasi yang dipimpinnya dengan menjadikan wilayah kecamatan sebagai skala prioritas bersamaan dengan agenda kunjungan kerja rutin wakil bupati.

Setelah dilakukannya proses pelantikan dan pengukuhan terhadap pengurus organisasi Kwartir Gerakan Pramuka, Palang Merah Indonesia dan pengurus PDK Kosgoro 1957 tingkat ranting, organisasi yang dipimpin oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar ini, akan mengagendkan kegiatan konsolidasi sebagai langkah lanjutan untuk kepentingan pengembangan organisasi.

Salah satunya akan dituangkan dalam bentuk penyaluran bahan referensi kepada pengurus Kwartir Gerakan Pramuka pada tingkat ranting yang diharapkan dapat menjadi bahan acuan pembinaan.

Saiful berjanji, untuk sesegera mungkin mengirimkan pembina, baik bagi organisasi Palang Merah Indonesia, maupun organisasi pramuka, terutama dalam rangka untuk meningkatkan keterampilan para pembina di masing-masing wilayah kecamatan.

Dari proses pembinaan ini, para pembina diharapkan dapat mentransfer ilmunya kepada segenap peserta didik pada masing-masing gugus depan. Orang nomor dua di daratan Kepulauan Selayar ini, menitipkan harapan kiranya, semua organisasi yang dipimpinnya, baik secara langsung, maupun tidak langsung dapat menjadi mitra pemerintah.

Dalam kaitan itu, kehadiran organisasi pramuka dan Palang Merah Indonesia, harus menjadi penopang bagi pemerintah pada levelnya masing-masing, baik itu, kwarcab kabupaten, maupun kwartir ranting, pada tingkat kecamatan, tandas pria yang akrab disapa Saiful ini.

Dia tak ingin, organisasi yang dipimpinnya, baik secara langsung atau tidak langsung, kemudian menjadi beban pemerintah. Kendati tak dapat dipungkiri, bahwa persoalan finansial cukup membuatnya kesulitan untuk dapat meggerakkan roda organisasi secara maksimal.

Terlebih lagi, setelah berlaku efektifnya, Permendagri tentang mekanisme penyaluran bantuan sosial dan hibah yang tak lagi selancar tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian, kendala tersebut, tak lantas membuat dia menyerah, atau sampai tinggal berpangku tangan dan pasrah pada keadaan.

Segala daya dan upaya, terus dilakukan putra H. Ompo Husain ini, untuk dapat melepaskan organisasi yang dipimpinnya dari cengkraman ketergantungan bantuan pemerintah.

Salah satunya dilakukan Saiful dengan menggali segenap potensi dana yang dapat dimanfaatkan di luar pos anggaran bantuan sosial dan hibah dengan seuntai harapan, agar saban hari, organisasi yang dipimpinnya baik secara langsung, maupun tidak langsung, tetap eksis di tengah-tengah warga masyarakat.

Sehingga, kehadiran organisasi tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh pemerintah pada levelnya masing-masing, terkhusus masyarakat di sekitarnya. Cetus Saiful kepada wartawan usai mengukuhkan Pengurus Kwartir Gerakan Pramuka Ranting Kecamatan Pasimasunggu Timur, belum lama ini. (fadly syarif)   
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer