Home » » Pembukaan Ruas Jalan Sampai Pemasaran Pala

Pembukaan Ruas Jalan Sampai Pemasaran Pala

Written By Redaksi kabarsulawesi on Minggu, 04 November 2012 | 8:55 PM



Kabarsulawesi.com – Selayar : Masyarakat Dusun Teko, Desa Bontokoraang, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, memohon perhatian serius  Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi Sulawesi-Selatan untuk dapat mengalokasikan anggaran penuntasan  ruas jalan SDI Teko-Bo'dia Tabang sepanjang kurang lebih sepuluh kilo meter.

Penuntasan ruas jalan ini dinilai penting untuk segera dirampungkan kegiatan pembangunannya melalui rangkaian kegiatan penyusunan dan pengesahan RAPBD Pokok TA. 2013 mendatang. Pasalnya, ruas jalan tersebut merupakan akses jalan satu-satunya menuju SDI Teko yang harus dilalui oleh para siswa sekolah dasar di wilayah itu,  termasuk pada musim penghujan. Dimana,  jalan licin dan berlumpur telah setiap tahun menjadi langganan tetap, para siswa sekolah dasar di Desa Bontokoraang.

Selain ruas jalan dimaksud, juga merupakan jalan lingkar penghubung antara Desa Bontokoraang dan Bo'dia Tabang, Kelurahan Putabangung, yang cukup memegang peranan penting di dalam mendukung kelancaran perputaran roda perekonomian warga masyarakat setempat. Terutama, dalam memasarkan produk-produk hasil bumi asal Dusun Teko.

Semisal, Pala, Cengkeh, Kenari, Kemiri, kopra, dan komoditas kakao atau coklat yang akan dipasarkan ke pedagang penampung di tingkat ibukota kabupaten.Meski hingga kini, masyarakat petani Dusun Teko mengaku, masih cukup dibuat resah dan terkendala oleh keberadaan hama tupai yang formulasi pembasminya tak kunjung ditemukan, baik oleh para peneliti maupun Insntasi Tekhnis Dinas Pertanian dan Kehutanan. (fadly)

Ket Gmr : Pohon Pala (foto : fadly)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer