Home » » 151 Kotak Suara Tiba di Kantor KPU Kepulauan Selayar

151 Kotak Suara Tiba di Kantor KPU Kepulauan Selayar

Written By Redaksi kabarsulawesi on Rabu, 30 Januari 2013 | 7:14 AM


suasana di halaman kantor KPU Kepulauan Selayar,
 saat datangnya surat suara dari 5 kecamatan pulau

Kabarsulawesi.com – Selayar : Jajaran Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan akhirnya dapat menghela nafas lega, bertepatan dengan tibanya seratus lima puluh satu buah kotak suara hasil Pemilukada Gubernur Sulsel tahun 2013 dari lima wilayah kecamatan pulau terjauh di daerah itu.

Pasalnya, komisi pemilihan umum kabupaten sempat dibuat gusar oleh cuaca extrem yang menghadang rombongan tim PPK dan aparat kepolisian yang mengawal langsung proses pemberangkatan kotak suara dari Kecamatan Pasimasunggu, Pasimasunggu Timur, Pasimarannu dan Kecamatan Pasilambena menuju ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar.

Setelah sempat molor selama kurang lebih empat jam dari jadwal yang telah ditentukan sebelumnya, rombongan Tim PPK kecamatan kepulauan yang mengawal 57 kotak suara hasil pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel akhirnya tiba dengan selamat di pelataran kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar, sekira pukul 15.00 Wita, hari Sabtu (26/1) sore kemarin.

57 kotak surat suara dari  Kecamatan Pasimasunggu dan Pasimasunggu Timur, tiba di kantor KPU kabupaten di bawah pengawalan ketat aparat kepolisian resort Kepulauan Selayar. Dua orang diantara empat personil kepolisian yang  turut mengawal perjalanan kotak suara tersebut masing-masing atas nama : AKP. Sardin dan IPDA. Kahar.

Selain PPK dan aparat kepolisian, pemberangkatan kotak suara dari tiga  kecamatan kepulauan ini juga turut melibatkan anggota sejumlah anggota panwas kecamatan dari masing-masing wilayah.

Sementara itu, dua puluh satu buah kotak suara lainnya dari Kecamatan Pasimarannu, baru tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayarsekira pukul 10.00 Wita , pada hari Minggu, (29/1) pagi.

Kotak surat suara terakhir tiba dari Kecamatan Pasilambena tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum kabupaten pada hari Minggu, (27/1) malam, sekira pukul 00.00 Wita. Enam belas kotak surat suara terakhir ini, tiba dengan pengawalan ketat aparat kepolisian bersama Camat Pasilambena, Sari Bintang, S.Sos dan sejumlah anggota PPK.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan di lapangan menyebutkan, terhambatnya jadwal pemberangkatan kotak surat suara dari lima wilayah kecamatan kepulauan ini disebabkan oleh faktor pasang-surut air laut dan kondisi cuaca ekstrem.

Bahkan, keterlambatan pemberangkatan kotak surat suara tersebut sempat mengakibatkan molornya jadwal pelaksanaan rekapitulasi ulang surat suara di tingkat kabupaten yang sedianya telah dilaksanakan pada hari Minggu, (27/1) pagi.

Namun karena persoalan cuaca ekstrem yang sempat menghambat kedatangan seratus lima puluh satu buah kotak surat suara dari lima wilayah kecamatan kepulauan, penyelenggaraan rekapitulasi ulang surat suara, baru bisa dilaksanakan pada hari Senin, (28/1) pagi, bertempat di ruang pola kantor bupati setempat.

Usai direkap ulang di tingkat kabupaten, seluruh surat suara langsung diberangkatkan menuju ke Makassar untuk diserahterimakan di kantor KPU Provinsi Sulawesi-Selatan. Pemberangkatan dilakukan pada hari Selasa, (29/1) pagi dengan pengawalan ketat enam orang aparat kepolisian dari Mako Polres Kepulauan Selayar.

Sesuai protap dan perintah Kapolda Sulselbar, Irjen Mudji Waluyo Polres Kepulauan Selayar,  menurunkan enam orang aparat pengamanan yang dibagi atas empat orang aparat pengamanan terbuka  dua orang aparat pengamanan tertutup.

Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP. Setiady, SH memperkirakan, pengawalan kotak surat suara menuju kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi-Selatan akan sama halnya dengan pendistribusian logistik Pemilukada Gubernur Sulawesi-Selatan ke Kabupaten Kepulauan Selayar.

Mengaku tidak tahu persis, berapa banyak jumlah surat suara yang akan dikawal menuju KPU Provinsi  Sulawesi-Selatan, Kapolres Kepulauan Selayar pun langsung berinisiatif menyiapkan personil secukupnya, sesuai perintah pimpinan.

“Perintah pimpinan sudah seperti itu, yah saya siapkan aja, tergantung nanti di lapangan bagaimana” ?, tandasnya, mengakhiri perbincangan dengan wartawan  (fadly syarif)


Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer