Home » » Pencurian Kotak Surat Suara di PPK Tak Mungkin Terjadi

Pencurian Kotak Surat Suara di PPK Tak Mungkin Terjadi

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 25 Januari 2013 | 5:59 PM


Zulfinas Indra Gelar Jumpa Pers

Kabarsulawesi.com – Selayar : Setelah berakhirnya seluruh rangkaian perhitungan hasil pemungutan suara di masing-masing tempat pemungutan suara atau TPS yang diselenggarakan pada tanggal (22/1) siang kemarin, kotak suara langsung diserahkan ke pihak PPS untuk selanjutnya dilakukan rekapitulasi perhitungan di tingkat PPS pada tanggal, (23/1).  Usai dilakukan rekapitulasi di tingkat PPS, kotak suara kemudian diserahkan ke PPK.

Selanjutnya, pada tanggal, (23/1), seluruh kotak suara dipastikan telah berada di PPK.  Pergeseran kotak suara dari TPS, ke PPS sampai ke PPK sendiri, dikawal secara ketat oleh aparat kepolisian dari unsur Polres Kepulauan Selayar, termasuk dari sisi pengamanan penyimpanan kotak suara.

Sehingga sangat tidak dimungkinkan untuk terjadinya potensi pencurian kotak suara di tingkat PPK. Hal tersebut dilontarkan Ketua KPU Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, Zulfinas Indra kepada wartawan hari Jumat, (25/1) siang.

Pernyataan ini disampaikan Zulfinas menanggapi rumor tentang kemungkinan akan terjadinya pencurian kotak suara di sejumlah kabupaten/kota di Sulawesi-Selatan dengan memanfaatkan situasi pemadaman lampu secara bergilir, oleh pihak PT. PLN (Persero).

Seluruh bentuk kebijakan yang terkait dengan langkah pengamanan kotak suara  telah diserahkan sepenuhnya oleh komisi pemilihan umum kepada jajaran aparat kepolisian dari Polres Kepulauan Selayar, terutama dalam menentukan keterlibatan jumlah personil pengawalan mulai rangkaian pengawalan kotak suara dari TPS, ke PPS sampai ke PPK, hingga proses penyimpanannya di tingkat PPK.
Zulfinas memastikan, hingga saat ini proses penyimpanan kotak suara di tingkat PPK masih dalam tahap pengamanan aparat kepolisian. Bila tidak aral melintang, hari ini Jumat, (25/1), seluruh kotak suara di tingkat PPK akan bergerak ke KPU kabupaten, terkhusus untuk wilayah daratan.
Bahkan, kotak suara dari PPK Kecamatan Takabonrate pun diprediksikan akan tiba di KPU Kepulauan Selayar, pada hari Jumat, (25/1) malam nanti melalui Pelabuhan Ferry Pattumbukang.
Sementara itu, kotak suara  dari  empat PPK wilayah kecamatan pulau lainnya diperkirakan, baru akan tiba di KPU kabupaten pada hari Sabtu, (26/1) besok.  
          
Ketua KPU Kepulauan Selayar juga menjelaskan, dari empat PPK kecamatan daratan, PPK Kecamatan Benteng, hari ini telah merampungkan proses rekapitulasi perhitungan kembali surat suara.  

Rekapitulasi perhitungan ini merupakan rangkaian rekapitulasi paling istimewa. Pasalnya, rangkaian rekapitulasi tersebut sempat dihadiri oleh empat mantan sekretaris KPU kabupaten, yakni : Mantan Sekretaris KPU Periode 2005-2007, Drs. Syafruddin, MH yang saat sekarang ini, menjabat sebagai Camat Benteng.

Selain dihadiri Camat Benteng, acara tersebut turut dihadiri Mantan Sekretaris KPU periode 2007-2008, Makmur Yusuf dalam kapasitasnya sebagai saksi  pasangan, DR. H.  Syahrul Yasin Limpo, SH.M.Si.MH-Ir. Agus Arifin Numang, serta mantan Sekretaris KPU periode 2010-2012, Nasaruddin Nas, yang sekarang menjabat sebagai Ketua Panwas Kecamatan Benteng.
    

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer