Home » » Penyeberangan Kapal Ferry Terhenti Bus AKDP Nganggur Di Selayar

Penyeberangan Kapal Ferry Terhenti Bus AKDP Nganggur Di Selayar

Written By Redaksi kabarsulawesi on Senin, 14 Januari 2013 | 2:49 AM


Kabarsulawesi.com – Selayar : Cuaca ekstrem yang melanda Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan dalam beberapa pekan terakhir, tak hanya mengakibatkan terjadinya beragam bentuk kerusakan fasilitas umum dan kemasyarakatan di daerah ini.
                                                       
Akan tetapi, cuaca buruk di sekitar perairan laut Kabupaten Kepulauan Selayar juga mulai menghambat arus transportasi di beberapa pintu pelabuhan. Salah satunya, di pintu Pelabuhan Pamatata-Bira.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan di lapangan menyebutkan, cuaca buruk yang melanda perairan Bulukumba-Selayar pada hari Jumat, (11/1) kemarin, sempat mengakibatkan kapal ferry KMP. Bontoharu, tidak mampu menembus selat Selayar.

Pada saat bersamaan, kapal yang setiap harinya melayani penyeberangan di lintasan Pelabuhan Bira, Bulukumba dan Pelabuhan Pamatata ini, bahkan harus terkatung-katung selama kurang lebih tujuh jam di tengah laut.

Armada penyeberangan milik PT. ASDP (Persero) tersebut juga sempat dikabarkan nyaris terseret arus gelombang ke arah timur, tepatnya ke arah Pulau Kabaena. Setelah sebelumnya, kapal bertolak meninggalkan Pelabuhan Bira-menuju Pelabuhan Pamatata, Selayar pada pukul 16.00 Wita.

Akibat peristiwa tersebut, sejumlah keluarga penumpang yang hari itu berada di atas kapal, ikut kalang kabut. Hingga akhirnya, kantor Syahbandar pun dibuat sebagai posko informasi dadakan oleh para keluarga penumpang yang ingin mengetahui kepastian nasib keluarganya.

Dampak terparah dari cuaca buruk ini harus kembali terulang pada hari Minggu, (13/1) pagi. Setelah terjadinya  penundaan tiba-tiba terhadap jadwal penyeberangan kapal ferry Bontoharu dari Pelabuhan Bira, Bulukumba menuju ke Pelabuhan Pamatata, Selayar.

Sebagai biasnya, tidak kurang dari dua ratusan orang calon penumpang dari Kabupaten Kepulauan Selayar yang telah terlanjur mendaftar ke perwakilan bus, terpaksa harus membatalkan rencana keberangkatan mereka menuju ke Makassar.

Sebut saja, calon penumpang Sumber Mas Murni yang armada busnya pun, terpaksa harus terpakir kosong tanpa barang dan penumpang. Sampai dengan hari Minggu, (13/1) petang, bus bernomor polisi DD. 7583 AB tersebut, masih tampak duduk manis di depan perwakilannya yang terletak di ruas Jl. KH. Haiyung, Benteng Selayar. (fadly syarif)

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer