Home » » Rekapitulasi KPUD Palopo Di Demo

Rekapitulasi KPUD Palopo Di Demo

Written By Redaksi kabarsulawesi on Senin, 28 Januari 2013 | 6:16 PM

Kabarsulawesi.com – Palopo -  Untuk rekapitulasi perhitungan suara calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, dan calon Wali Kota dan wakil wali kota palopo yang di ikuti Sembilan calon wali kota dan wakil wali kota palopo, rekapitulasi hari minggu tanggal 27 januari 2013 dimulai sekitar jam 11.00 sampai jam 5.30 sore.

Tidak lama kemudian dari arah selatan muncul sekelompok masyarakat memakai kendaraan mobil dan bersepeda motor dan ada yang berjalan kaki menggunakan pembesar suara, yang mengatasnamakan pendukung H M Jaya- Alimuddin Nur ( Janur ) dan dari arah utara juga muncul sekelompok pendemo memakai mobil dan ada yang berjalan kaki dengan menggunakan pengeras suara mengatasnamakan pendukung Rahmat Masri Bandaso – Irwan Hamid ( RMB )

“Kami akan demo terus bila ada kecurangan rekapitulasi ingin memasuki halam kantor KPUD , tetapi di blokade pihak pengamanan Polresta Palopo  dibantu Polres Luwu, Brimob Baebunta dan anggota TNI Kodim Sawerigading Palopo,

Rekapitulasi dimulai perhitunangan suara calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi selatan masing masing dari PPK dari 9 kecamatan hanya dihadiri  2 saksi yaitu dari urut satu dan dua, dan setiap selesai dihitung dari tiap PPK dari kecamatan, ketua KPUD Maksun Runi mempertanyakan kepada saksi apa ada yang disangga atau dikritik, memang sejak peritungan dari awal sampai selesai.

Ada yang dipermasalakan oleh saksi urut dua termasuk pengisian data dari PPS beda ke PPK,dari hasil rekapitulasi dari 9 PPK dimenangkan nomor urut 1 Iham – Azis dengan perolehan  53.082 suara, kemudian  nomor urut 2 H Syahrul Limpo – Arifin Numang dengan perolehan 25.982 suara, menyusul nomor urut 3 dengan perolehan 2.981 suara, jumlah keseluruhan 82.085 suara sedangkan suara tidak sah 2.055 suara jadi jumlah suara sah dan tidak sah 84.100 suara.

Sedangkan rekapitulasi kedua yaitu calon Wali kota dan Wakil wali kota palopo dari Sembilan calon masing masing memperoleh suara dari tiap PPK dari 9 kecamatan.

Nomor urut 1. Judas Amir – Ahmad Syarifuddin  19.489 suara, urut 2. A .Akrab – Pither Singkali .2.390 suara, urut 3. Najamuddin – ABD Waris Karim 771 suara, urut 4. A Saifuddin Kaddiraja- dr Heman Jaya  1.172 suara, urut 5. H Haidir Basir- dr Thamrin Jufri 19.541 suara, urut 6.Lanteng Bustami- M Yunus 1.448 suara, urut 7 Rahmat Masri Bandaso - Irwan Hamid  16.086 suara, H M Jaya-Alimuddin Nur 17.840 suara, urut 9. Bustam Titing - Musafir turu 867 suara, jumlah suara sah sebanyak 79.635 suara tidak sah 4393 suara jadi suara sah dan tidak sah sebanyak 84.028 suara  dan sesuai hasil pleno KPUD kota palopo tanggal 27 januari 2013 dinyatakan 2 calon wali kota lolos masuk putaran kedua yaitu nomor urut 1. Judas Amir-Ahmad Syarifuddin dan nomor urut 5. H Haidir Basir - Thamrin Jufri yang akan dilaksanakan sesuai jadwal hasil pleno tanggal 7 pebruari 2013. 

Dari sekian saksi hanya satu saksi tidak mau menanda tangani berita acara rekapitulasi perhitungan suara yaitu saksi dari RMB dan tetap mengisi pormulir yang disediakan sebagai persaratan. ( Jamal Andua )   
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer