Home » » Menko Kesra Sepakati Selayar Tuan Rumah Sail Takabonerate

Menko Kesra Sepakati Selayar Tuan Rumah Sail Takabonerate

Written By Redaksi kabarsulawesi on Sabtu, 09 Februari 2013 | 1:00 AM


Agung Laksono

Kabarsulawesi.com – Selayar : Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat menginstruksikan segenap pihak terkait untuk segera menindaklanjuti pengajuan proposal penyelenggaraan Sail Takabonerate yang rencananya akan dipusatkan di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan.

Ungkapan ini dilontarkan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono di Jakarta dalam kesempatan menerima rombongan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar yang dipimpin wakil bupati, H. Saiful Arif, SH, belum lama ini.
Menurut Agung Laksono, Atas pertimbangan keberadaan Taman Laut Nasional Takabonerate yang merupakan kawasan laut nasioal pemilik karang atol terbesar dan terindah ketiga di dunia.

Maka dengan sendirinya, Kabupaten Kepulauan Selayar telah sewajarnya mendapatkan sentuhan perhatian serius pemerintah. Agung Laksono berjanji untuk memberikan perhatian skala priorritasnya terhadap upaya pengembangan daerah yang terletak di ujung paling selatan Provinsi Sulawesi-Selatan itu.

Untuk saat ini saja, Kawasan Taman Laut Nasional Takabonerate telah mulai disebut-sebut sebagai salah satu basis pengembangan daerah tujuan wisata Internasional terpadu di tanah air yang ramuan konsepnya telah dituangkan di dalam penyusunan rencana induk kepariwisataan nasional.

Panorama Alam Pantai Kabupaten Kepulauan Selayar Siap Dukung Sail Takabonerate
Bahkan upaya pengembangan Kabupaten Kepulauan Selayar dan Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara tak luput mewarnai perjalanan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang telah disusun pemerintah pusat bersama lembaga DPR-RI.

Meski dari sisi kajian, penunjukan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai tuan rumah penyelenggara Sail Takabonerate, masih  menyisakan  tanda tanya dari banyak pihak, termasuk dari jajaran Menko kesra yang mempertanyakan persoalan rasionalitas dan pertimbangan paling mendasar mengenai penunjukan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai tuan rumah Sail Takabonerate.

Jajaran Menko kesra mengharapkan jawaban pasti Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar mengenai kearifan lokal pengelolaan titik sebaran potensi biota laut, karang atol, terumbu karang, potensi pantai, obyek wisata alam, sejarah,  purbakala, dan jenis-jenis atraksi seni serta bentuk-bentuk kebudayaan tradisional yang dapat mendukung terselenggaranya Sail Takabonerate.  (fadly syarif)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer