Home » » Damkar Parepare Rugikan Negara Rp. 720 Juta

Damkar Parepare Rugikan Negara Rp. 720 Juta

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 02 April 2013 | 12:54 PM



ilustrasi by google

Kabarsulawesi.com - Parepare : Kasus dugaan korupsi hibah mobil pemadam kebakaran yang mulai mencuat tahun 2011 lalu itu, kini mulai menemukan titik terang.

Pertengahan bulan Januari 2013 lalu, kasus yang sebelumnya adalah penyelidikan pihak Kejati Sulsel, kini masuk ke tingkat penyidikan.

Sejumlah pejabat di Pemkot Parepare, telah dimintai keterangannya. Hasilnya, 2 orang kini ditetapkan sebagai tersangka.

Adalah,  Kepala Dinas Pekerjaan Umum Daerah (PUD) Pemkot Parepare, HIR, dan mantan Kepala Inspektorat Kota Parepare, BDR.

Dari hasil penyidikan Tim Kejari Sulsel, diduga kedua tersangka dalam kasus dugaan korupsi anggaran sewa angkut kendaraan pemadam kebakaran (Damkar) kota Parepare, sehingga terjadi kerugian negara atas hibah mobil pemadam kebakaran sebesar Rp. 720 juta.

Seperti dilansir sejumlah media, kasus ini muncul ketika adanya temuan masyarakat tentang mengadaan mobil kebakaran berupa hibah dari PT. Kifa.

Yang menjadi rancu ketika awal proyek tersebut bukan sewa angkut melainkan pengadaan 1 unit kendaraan Damkar senilai Rp 820 juta.

Namun saat sebelum dibahas dirapat komis III  pihak eksekutif mengirimkan surat terkait rencana hibah kendaraan Damkar dari PT Kifa Jepang. Dalam surat tersebut tidak dicantumkan anggaran yang dibutuhkan.

Hasil konsultasi pihak Legislatif dan Dinas PUD itulah muncul anggaran senilai Rp. 900 juta. Selain sewa angkut, anggaran ini juga diperuntukkan untuk pelatihan tenaga pemadam dan kunjungan kerja ke Jepang.
Anehnya, pihak DPRD Parepare mengaku tak pernah melihat MoU antara Pemkot Parepare dengan PT Kifa yang belakangan disebut sebagai dasar pengangkutan. MoU ini diteken Wali Kota Parepare Sjamsu Alam yang saat itu sebagai pelaksana tugas wali kota.

Namun sejauh mana keterlibatan Walikota Parepare saat ini, masih belum dikonfirmasi ?

Sementara ini, pihak kejati Sulsel, masih terus menyidiki kasus ini. Diduga masih ada sejumlah pejabat di Pemkot Parepare yang bakal terseret sebagai tersangka dalam kasus ini. Kita tunggu saja. (soel)

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer