Home » » Mengamankan Kekayaan Laut “Obsesi Mulia” Sosok Moh. Hidayat. B

Mengamankan Kekayaan Laut “Obsesi Mulia” Sosok Moh. Hidayat. B

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 09 April 2013 | 10:27 PM

Kabarsulawesi.com – Selayar : Terinspirasi oleh filosofi yang diungkapkan Kepala Dinas Kelautan & Perikanan, Dr. Ir. Marjani Sultan, M.Si, Kepala Kepolisian Resort Kepulauan Selayar, AKBP. Moh. Hidayat. B, SH.SIK.MH merasa tergerak untuk mengamankan kekayaan laut Pulau Selayar dari tindakan illegal  fishing yang sudah sejak lama menjadi momok perbincangan, terutama di kalangan nelayan pesisir kepulauan.

Komitmen tegas untuk memberangus segala bentuk tindak pidana illegal fishing di wilayah hukum Polres Kepulauan Selayar secara resmi dituangkan melalui penyelenggaraan kegiatan deklarasi stop illegal fishing dan pembentukan pokmaswas.

Pembentukan pokmaswas sendiri merupakan wujud apresiasi pemerintah kabupaten dan aparat kepolisian terhadap besarnya harapan dan keiginan masyarakat nelayan pesisir untuk turut membantu pelaksanaan tugas-tugas aparat kepolisian di dalam memberangus kegiatan tindak pidana kejahatan illegal fishing dengan segala bentuknya.

Mantan Kasat Lantas Kapolrestabes Kota Makassar ini mengakui, hingga saat ini jumlah personil, sarana prasarana transportasi untuk menegakkan peraturan perndang-undangan mengenai illegal fishing yang dimiliki institusi polri memang masih sangat terbatas.

Sehingga bantuan partisipasi keterlibatan  masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap kemungkinan terjadinya tindak pidana kejahatan di laut masih sangat dibutuhkan untuk meminimalisir tingginya angka kerugian negara yang dipicu oleh kegiatan illegal fishing.  

Dikatakannya, kelompok pengawas masyarakat sengaja dipatenkan menjadi salah satu organisasi sumber pamswakarsa yang dilindungi oleh undang-undang kepolisian dengan tujuan untuk lebih terorganisirnya penuntasan tindak pidana kejahatan illegal fishing.

Hidayat khawatir, kejahatan teroganisir tidak akan pernah mampu dituntaskan dengan keberadaan personil aparat penegak hukum dan organisasi Pokmaswas yang jauh lebih besar jumlahnya. Namun, tidak terorganisir.

Atas pertimbangan tersebut, lembaga pamswakarsa bentukan Dinas Kelautan dan Perikanan serta Polres Kepulauan Selayar ini secara resmi mendikclaerkan dan menyatakan kesiapan pokmawas untuk sedini mungkin mencegah terjadinya kegiatan tindak pidana  illegal fishing melalui penandatanagan naskah deklarasi “Stop Illegal Fishing”.Kapolres pengganti AKBP. Setiadi ini meyakini, keseriusan pemerintah kabupaten tidak akan menghasilkan sesuatu yang berarti tanpa adanya dukungan keseriusan masyarakat nelayan pesisir dan hanya akan bernilai sia-sia.

Nelayan pun tidak akan mampu memperoleh hasil tangkapan yang maksimal tanpa provokasi pengusaha ikan dari luar daerah.  Karena itu, pokmaswas diharapkan dapat berperan aktif memberikan informasi sekecil-kecilnya kepada aparat kepolisian.

Hidayat menargetkan, tahun ini diharapkan akan menjadi babak awal dimulainya kembali langkah pengembangbiakan terumbu karang, biota laut, maupun satwa laut yang mayoritas terdapat diperairan Kabupaten Kepulauan Selayar dengan kondisi habitatnya yang nyaris punah. 
Semuaa akan berjalan sesuai dengan rencana dan time schedulle yang telah disepakati bersama, asalkan tugas pengamanan dapat dimulai dari dalam diri masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar sendiri disamping hadirnya back up pengawasan kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil dari sisi pengamanan teritorial di bidang TNI-AD dan Polri, tandasnya kepada wartawan di Rumah Jabatan Kapolres, Hari Selasa, (9/4) pagi. (fadly syarif)   

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer