Home » » Pers Release Hasil Quick Qount Bulaksumur Empat Ganjar Heru Menang Mutlak

Pers Release Hasil Quick Qount Bulaksumur Empat Ganjar Heru Menang Mutlak

Written By Redaksi kabarsulawesi on Senin, 27 Mei 2013 | 7:22 AM



Kabarsulawesi.com – Jateng : Baru saja kita melepas sebuah ritual demokrasi di Jawa Tengah. Pemilihan Umum Gubernur Jawa Tengah berjalan lancar sesuai dengan harapan semua pihak. Walau jumlah partisipasi pemilih tidak begitu jauh dari Pilkada Jateng yang digelar tahun 2008 akan tetapi telah terjadi kenaikan yang signifikan pada partisipasi pemilih. Kali ini jumlah pemilih menurut data BERC sekitar kurang lebih 60 persen, ini menunjukkan gejala deparpolisasi tidak begitu mengejala dikawasan Jawa Tengah.

Menurut hasil Quick Qount tim BERC kembali pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Heru Sudjatmoko menjadi pemenang Pilkada Jateng dengan perolehan suara sebesar 51,5 persen, diikuti oleh pasangan Bibit Waluyo – Sudijono sebesar 30,9 persen dan posisi terakhir pasangan Hadi Prabowo - Don Murdono dengan perolehan 17, 6 persen. 

Sebelumnya Bulaksumur Empat Research and Consulting (BERC) telah merilis hasil survei yang menempatkan pasangan Ganjar Pranowo – Heru Sudjatmoko sebagai pemenang Pilkada Jateng dengan perolehan suara 33,2 persen. Ini menjadikan BERC merupakan satu-satunya lembaga survei yang memprediksi Ganjar – Heru dapat unggul di Pilkada Jateng kali ini, padahal lembaga survei lainnya pesimis melihat pasangan Ganjar Heru. 

“BERC sebenarnya sudah menduga pasangan Ganjar Heru dapat memenangi ritual demokrasi kali ini, karena Jawa tengah adalah basis terkuat PDIP dan juga kebetulan para pesaing PDIP sedang mengalami banyak persoalan kasus korupsi politik. Semisalnya pasangan Hadi Prabowo – Don Murdono yang diusung kebanyakan partai Islam kurang diminati oleh para pemilih di Jawa Tengah, akibat adanya persoalan yang sedang melilit PKS. 

“Banyak responden yang ketika ditanya oleh tim BERC menilai PKS adalah partai yang sangat bermasalah sehingga mereka urung untuk memilih HP Don dan beralih ke pasangan Ganjar Heru, ditambah lagi dengan pernyataan beberapa petinggi PKS seperti Fahri Hamzah yang tidak mau mengakui kesalahan yang dialami elit PKS, menjadikan masyarakat Jateng enggan untuk mendukung pasangan HP Don. Ketika survei digelar BERC mendapati HP Don meraih suara 29, 6 persen suara akan tetapi ketika pilkada berlangsung basis-basis partai Islam dan PKS mengalami kekalahan. Ini sangat diluar dugaan, apalagi daerah yang berbasi kampus juga pasangan HP Don mengalami kekalahan, padahal daerah kampus merupakan basis kekuatan PKS. Ini menunjukkan kasus yang melilit PKS mempunyai dampak yang sangat signifikan, lain lagi ketika Pilkada Jateng dan Sumut, saat itu kasus PKS tidak terbuka seperti saat ini.” Jelas Bambang Arianto

“Ini pelajaran bagi PKS untuk dapat hati-hati memberikan statemen pada masyarakat umum karena sangat berpengaruh terhadap kepercayaan rakyat terhadap PKS itu sendiri. Bisa-bisa sikap-sikap elit PKS yang tidak mau mengakui kesalahan akan membuat gejala deparpolisasi atau sentimen anti partai dikalangan pemilih swing voter dan akan berpengaruh pada perolehan kursi legislatif.  Untuk Pasangan nomor urut 2 yaitu Bibit Waluyo - Sudijoni Sastroatmodjo menurunnya elektablitas lebih dikarenakan karena menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinannya selama ini dan juga kurang didukung oleh mesin partai yang baik. Padahal beberapa survei ternama dinegeri ini memprediksi Bibit - Sudijono akan dapat memenangi pilkada Jateng 2013. Pasangan Bibit - Sudijono juga tidak didukung oleh mesin kader yang militan seperti yang terjadi di PDIP. Bibit pun tidak mampu menampilkan sesuatu yang baru dalam kampanyenya saat ini sehingga pemilih merasa enggan untuk memilih kembali Bibit.” Jelas Bambang

“Buat PDIP, saya sangat salut karena dapat mempertahankan daerah kekuasannya. Ini juga tidak terlepas dari kepintaran tim sukses PDIP yang memanfaatkan kondisi saat ini. Kemenangan PDIP sendiri seperti ulasan BERC sebelumnya juga dipengaruhi oleh Jokowi Effect seperti di daerah Solo Raya pasangan yang diusung PDIP bisa menang telak. Isu perpecahan dukungan dari gerakan Rustriningsih ternyata tidak begitu berpengaruh pada elektabilitas Ganjar Heru, terbukti di daerah Kebumen Ganjar Heru bisa menang telak, padahal daerah Kebumen adalah basis pendukung terkuat Rustriningsih. Kami dari BERC sangat berharap pemenang Pilkada Jateng yaitu Ganjar Heru dapat konsisten menjalankan amanah yang ada. Jangan lupa memenui janji-janji politik yang telah diutarakan disaat kampanye. Kami juga berterimakasih kepada warga Jateng yang telah berpartisipasi pada survei BERC beberapa waktu lalu, sekali lagi hasil survei BERC merupakan satu-satunya yang memprediksi Ganjar Heru bakal memenangi Pilkada Jateng. “ Jelas Bambang Arianto, pengamat politik di Bulaksumur Empat.
Yogyakarta, 26 Mei 2013
Bambang Arianto
Direktur Bulaksumur Empat Research and Consulting (BERC)





aNEKA KITCHEN STORAGE (aLAT DAPUR)

OXONE Teeter Board Storage Jar 4pcs [OX-302] - White

OXONE Teeter Board Storage Jar 4pcs [OX-302] - White

COSMOS Rice Box FIFO 38 KG

COSMOS Rice Box FIFO 38 KG

BRABANTIA Canister [298080] - Matt Steel

BRABANTIA Canister [298080] - Matt Steel

BRABANTIA Canister Window [132803] - Brilliant Steel

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer