Home » » Vonis Empat Bulan Percobaan Tidak Membuat Jera Pengedar Ballo

Vonis Empat Bulan Percobaan Tidak Membuat Jera Pengedar Ballo

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 31 Mei 2013 | 8:00 AM

Kabarsulawesi.com - Selayar : Vonis dua bulan penjara dan atau hukuman percobaan selama empat bulan yang pada hari Rabu, (22/5)  dua pekan kemarin, telah dijatuhkan oleh Majelis hakim Pengadilan Negeri Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, terhadap Arifin, dkk, tersangka pemilik dan penjual 20 liter minuman beralkohol golongan C jenis Ballo, terbukti tidak mampu memberikan efek jera.

Terbukti sehari setelah divonis empat bulan hukuman percobaan, terdakwa Arifin kembali terjaring operasi sapu bersih yang digelar aparat Satuan Buru Sergap Polres Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan atas keterlibatannya sebagai penjual dan penyalur minuman keras, berkadar etanol 38 persen dengan produksi takaran alkohol yang tidak jelas.

Atas tindakan pelanggaran tersebut, aparat Satuan Buru Sergap Polres Kepulauan Selayar, kembali melakukan penangkapan terhadap terdakwa  Arifin yang terbukti secara sah dan meyakinkan telah melanggar ketentuan pasal 17, 19, dan pasal 20 Lembaran Peraturan Daerah Kabupaten  Selayar No. 04 Tahun 2007  Tentang : Pengendalian, dan Penertiban, Serta Pengedaran Minuman Beralkohol.

Penetapan keputusan Majelis hakim Pengadilan Negeri Kepulauan Selayar yang menjatuhkan vonis dua bulan penjara kepada terdakwa Arifin, jauh lebih rendah dari ketentuan pidana yang telah ditetapkan di dalam Pasal 34 Ayat 1 (Satu) Lembaran Peraturan Daerah No. 04 Tahun 2007.

Dimana, pelaku penjual dan pengedar minuman beralkohol diancam hukuman pidana kurungan, paling singkat 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah) sedangkan, barang bukti dirampas untuk dimusnahkan dengan mengingat bahwa tindak pidana sebagaimana dimaksud ayat 1 (satu) adalah merupakan bentuk pelanggaran murni. 

Lemahnya proses hukum di Lembaga Pengadilan Negeri Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, kembali berulang dalam  perkara Penganiayaan yang mendudukkan tersangka M. Faisal Alias Faisal Bin Hasan dan Sudirman Alias Sudar Bin Hasan DM.

Hal ini sangat jelas terlihat dari amar putusan Majelis hakim Pengadilan Negeri Kabupaten Kepulauan Selayar yang hanya menjatuhkan vonis 6 bulan penjara dengan masa percobaan masing-masing 8 bulan.

vonis tersebut terbilang sangat rendah, bila dibandingkan dengan tuntutan jaksa penuntut umum  yang menjerat para terdakwa dengan hukuman masing-masing 8 bulan penjara sebagaimana ketentuan pasal 351 Jo Pasal 55 Ayat 1 (satu) ke 1 (satu) KUHP.

Atas putusan dimaksud, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kepulauan Selayar, sontak mengeluarkan perintah banding kepada Jaksa Penuntut Umum dalam perkara tersebut. Terlebih lagi, setelah beredarnya dugaan, bahwa kedua terdakwa adalah keluarga dari salah satu oknum PN Kepulauan Selayar. (Fadly Syarif)






NEXIAN Hugo M5611

NEXIAN Hugo M5611

NEXIAN M5632


Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer