Home » » Anggota Sindikat Pembom Ikan Antar Pulau Terancam 14 Tahun Pidana Penjara

Anggota Sindikat Pembom Ikan Antar Pulau Terancam 14 Tahun Pidana Penjara

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 09 Juli 2013 | 6:33 PM


Kabarsulawesi.com – Selayar : Tiga pasal berlapis dikenakan aparat Tipiter Polres Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan terhadap sebelas orang anggota sindikat pelaku bom ikan antar Pulau yang tertangkap tangan oleh petugas gabungan satpolair dan Polres Kepulauan Selayar, sesaat setelah melakukan kegiatan pemboman ikan di perairan Taka Bajangan III, di sebelah barat Pulau Gusung, Kecamatan Bontoharu.

Kedua pasal dimaksud terdiri atas Pasal 84 Jo Pasal 85 Undang-Undang RI No. 45 Tahun 2009 Tentang : Perubahan atas Undang-Undang No. 31 Tahun 2004 menyangkut Perikanan. Para pelaku diduga kuat telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran atas Pasal 85 UU RI No 45 Tahun 2009.

Dalam pasal tersebut jelas disebutkan “Bahwa Barang siapa yang dengan sengaja membawa, dan atau menggunakan alat bantu penangkapan ikan yang menganggu dan merusak keberlanjutan sumber daya ikan dengan menggunakan kapal penangkap ikan di wilayah pengelolaan perikanan Negara Republik Indonesia sebagaimana ketentuan pasal 9 dipidana penjara paling lama (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 2.000.000.000,00 (dua milyar rupiah)

Sindikat Pelaku Pembom Ikan Antar Pulau digelandang
Selain Pasal 84 Jo Pasal 85 UU RI No. 45 Tahun 2009,  kesebelas orang pelaku terancam diganjar  dengan UU RI No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Pasalnya, pengusaha pemilik kapal  yang diketahui bernama  H. Kaseng dengan melibatkan Nakhoda kapal atas nama, Anwar Hamzah diduga kuat telah mempekerjakan anak di bawah umur sebagaimana ketentuan, pasal 68-69 UU RI No. 13 Tahun Tahun 2003.

Atas pelanggaran ketentuan pasal tersebut, para pelaku terancam harus menjalani pidana penjara paling lama empat tahun dan atau denda paling sedikit seratus juta rupiah dan atau  paling banyak empat ratus juta rupiah, ditambah sanksi hukuman pidana penjara atas pelanggaran Bagian Kelima Tentang Perlindungan Khusus sebagaimana ketentuan Pasal 59 Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2002 Tentang  Perlindungan anak dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun dan atau denda paling banyak seratus juta rupiah.

Sebelumnya, para pelaku diringkus aparat gabungan Satpolair bersama Polres Kepulauan Selayar, sekira pukul 13.05 Wita, beberapa menit setelah terdengarnya indikasi ledakan sebanyak delapan kali.

Suara ledakan bom ikan terdengar langsung oleh aparat tim penyelam dari unsur satpol air dan instruktur pendamping penyelam dari Baloiya Island Resort yang sekaligus merupakan tenaga peneliti bernama, Mustaning.

Dihadapan petugas yang menangkapnya, para pelaku mengaku telah sempat melemparkan delapan kali bom ikan dalam bentuk botol. Sedangkan sisanya, diduga kuat dibuang pelaku saat akan berusaha diringkus petugas.

barang bukti compressor
Dari tempat kejadian peristiwa, kesebelas orang pelaku langsung diamankan dengan menggunakan kapal satpolair yang dinakhodai Brigadir Jemmy dan selanjutnya digelandang menuju Mako Polres Kepulauan Selayar.

Menanggapi dugaan upaya menghilangkan barang bukti bom ikan ke laut yang dilakukan oleh para pelaku, Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP. Moh. Hidayat B, SH.SIK.MH bersama instruktur penyelam dari Baloiya Island Resort, Mustaning, telah melakukan penyelaman di sekitar TKP, guna mencari dan mengumpulkan kembali alat bukti kejahatan para pelaku yang sengaja dibuang ke laut saat berlangsungnya insiden penyergapan oleh petugas.

Keyakinan akan adanya alat bukti kejahatan yang dilemparkan ke laut didasarkan pada rekaman video amatir proses penyergapan pelaku yang diabadikan oleh personil Polres Kepulauan Selayar.

Hidayat berkomitmen untuk mengawal kasus ini sampai ke meja persidangan dengan berusaha semaksimal mungkin menghadirkan seluruh alat bukti pendukung dan memastikan para pelaku diganjar hukuman seberat-beratnya, sesuai dengan jenis tindak pidana kejahatan yang telah mereka lakukan.(fadly syarif)




aNEKA KITCHEN STORAGE


OXONE Teeter Board Storage Jar 4pcs [OX-302] - White


COSMOS Rice Box FIFO 38 KG


Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer