Home » » Tim Gabungan Polairud dan Pos SAR Selayar Intensifkan Penyisiran Korban Laka Laut

Tim Gabungan Polairud dan Pos SAR Selayar Intensifkan Penyisiran Korban Laka Laut

Written By Redaksi kabarsulawesi on Rabu, 03 Juli 2013 | 7:29 AM


Kabarsulawesi.com – Selayar : Masih sangat segar dalam ingatan masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan tentang laporan orang hilang yang terjadi di lingkungan Matalalang, Kelurahan Bontobangung, Kecamatan Bontoharu pekan lalu.

Hari ini, Selasa (2/7), sekira pukul 10.00 Wita, sehari setelah diperingatinya Bulan Bhakti Polri dan Hari Bhayangkara ke 67 tahun 2013, aparat Polres Kepulauan Selayar kembali disibukkan dengan laporan dan pencarian terhadap dua orang warga nelayan pesisir yang diperkirakan hilang di sekitar Perairan sebelah utara, Desa Khusus Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu.

Kasat Polairud Polres  Selayar,AKP. Tombong
Kedua nelayan bernasib naas ini hilang, setelah kapal jarangkak yang ditumpanginya mengalami kerusakan pada bagian stand kemudi  yang tiba-tiba jatuh ke laut, saat akan berusaha diperbaiki.

Kejadian bermula, saat ketiga korban akan bertolak meninggalkan Pelabuhan Rakyat Dusun Barang-Barang, Desa Lantibongang dengan tujuan Desa Polassi, sekira pukul 08.00 Wita. Melihat stand kemudi yang jatuh ke laut, korban atas nama Guntur (35 thn), kontan melompat dan menyelam untuk melakukan pencarian stand dimaksud.

Namun naas, karena stand  kemudi yang dicari korban, tidak berhasil ditemukan. Sementara korban, tidak lagi dapat kembali ke perahu mengingat jarak perahu dengan posisi korban yang semakin terpisah jauh akibat terseret  arus ombak besar.

Semula, korban berusaha meminta tolong kepada ayahnya dengan cara berteriak. Mendengar  teriakan tersebut, ayah korban yang diketahui bernama, Perak (70 thn) sempat melemparkan tali ke arah korban.
Akan tetapi, tali tersebut tidak berhasil diraih oleh korban mengingat posisi perahu yang terus menjauh dan terseret arus gelombang pasang. Parahnya lagi, karena perahu tidak dapat dikontrol dengan menggunakan kemudi. 

Akibat terus menerus dipukul gelombang laut yang mengiringi derasnya curah hujan di Kabupaten Kepulauan Selayar dalam sepekan terakhir, kapal pun karam, hingga kedua korban tidak terselamatkan dari kecelakaan laut.

Beruntung, korban atas nama Perak, (70 thn) berhasil ditemukan dalam kondisi selamat oleh Sekretaris Desa Khusus Bahuluang, Syarif. Korban ditemukan di sebelah barat perairan laut Desa Khusus Bahuluang, sekira pukul, 15.00 Wita.

Usai menyelamatkan korban, Syarif kembali melanjutkan penyisiran ke arah lokasi hilangnya warga Desa Polassi, bernama Guntur.  Tapi sayang, korban lagi-lagi tidak berhasil ditemukan, karena situasi ombak besar. 

Disamping itu, kondisi korban atas nama Perak yang juga terlihat kian lemas, hingga Sekdes Bahuluang memutuskan untuk mengevakuasi korban ke Pelabuhan Barang-Barang,  sekira pukul  18.00 Wita.

Setibanya di Pelabuhan, korban langsung dijemput oleh tim medis puskesmas dan anaknya yang tinggal di Dusun Barang-Barang, Desa Lantibongang. Dari Pelabuhan, korban langsung dibawah pulang ke rumah untuk mendapatkan perawatan seperlunya dari  tim medis puskesmas setempat.   

Kabar penemuan korban, terungkap dari update informasi terbaru yang disampaikan langsung Kasat Polairud, AKP. Tombong  dari TKP.  Dalam keterangan persnya, AKP. Tombong menjelaskan, bahwa satu dari dua orang korban, telah berhasil ditemukan warga masyarakat bersama dengan perahu miliknya.
Dengan demikian, jajaran aparat Polairud bersama anggota Pos SAR Selayar, dibantu warga masyarakat Turungan dan Bahuluang, tinggal akan melakukan pencarian terhadap satu korban terakhir yang teridentifikasi bernama Guntur (35 thn) warga nelayan asal Dusun Timur, Desa Polassi.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan di lapangan menyebutkan, aparat Polairud  untuk sementara waktu, harus berlindung di bagian sebelah barat Pulau Bahuluang guna menghindari hantaman ombak besar yang tengah berkecamuk di sekitar TKP penyisiran.

Sementara, tim sar dilaporkan menepi ke pinggir pantai Biring Balang. Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP. Moh. Hidayat B, SH.SIK. MH menjelaskan, sampai saat ini tim gabugan dari Polairud, dibantu Personil Pos SAR Selayar, masyarakat Turungang dan Bahuluang masih terus melakukan pencarian.

Dikatakannya, pencarian lanjutan akan kembali dilakukan Personil Polairud dan Pos SAR, pada hari Rabu, (3/7) esok dengan tetap memperhatikan kondisi cuaca dan keselamatan jiwa anggota yang melakukan penyisiran TKP. (fadly syarif)   





Notebook Laktop













Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer