Home » » Festival Lagu Religius dan Daerah Mengiringi Kemeriahan HUT RI ke 68

Festival Lagu Religius dan Daerah Mengiringi Kemeriahan HUT RI ke 68

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 16 Agustus 2013 | 12:57 PM

Kabarsulawesi.com – Selayar : Lomba festival lagu religi dan lagu daerah tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan mengiringi rangkaian kemeriahan Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 68 tahun 2013.

Kegiatan yang dipusatkan di anjungan Pantai Tanadoang ini dibuka secara resmi pada hari Kamis, (15/8) malam dan dijadwalkan akan berlangsung hingga hari Jumat (16/8) malam esok.

Festival lomba lagu daerah persembahan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar ini menampilkan tiga puluh lima orang peserta lomba dari kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas dan masyarakat umum.

Secara spesifik, festival lomba lagu religi dan lagu  daerah yang dibuka Kepala Bappeda, Drs. Musytari, MM ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya nyata Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk menghidupkan nuansa kehidupan religius di tengah-tengah masyarakat daerah penghasil jeruk manis tersebut.

Sementara festival lagu daerah bertujuan untuk melestarikan kembali nilai-nilai kesenian lokal daerah yang nyaris tergilas oleh kehadiran musik modern jenis electone dan tayamgan-tayangan hiburan melalui layar tv.

Hal ini diungkapkan penanggung jawab kegiatan, Kepala Seksi pengembangan tari dan musik Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar, Zukhri, S. Sos yang sekaligus bertindak selaku penanggung jawab seksi dekorasi serta ligting panggung perlombaan dikawasan Anjungan Pantai Tanadoang

Tiga  buah lagu daerah yang ditonjolkan dalam kegiatan festival hiburan rakyat persembahan Seksi Musik dan Tari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar ini masing-masing lagu berjudul : Anak Kamase, Selendang Mayang dan bertindak selaku dewan juri kegiatan,  Kepala Bidang Nilai Budaya Seni dan Film, Dra. Hj. Andi Nur Asia, MH,  Staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Andi Ahmad Ashar  Armin Juliawan, dan Ahmad Rais Kepala Bidang Nilai Budaya Seni dan Film Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dra. Hj. Andi Nur Asia, MH mengatakan,  festival lomba lagu religi dan lagu daerah diharapkan mampu mengembangkan bakat dan minat masyarakat terutama kalangan pelajar untuk dapat lebih menyelami dan mencintai bidang kesenian, terkhusus lagu daerah maupun lagu religius sebagai bagian yang tak terpisahkan dari visi pembangunan daerah.

Selain untuk memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 68 tahun 2013 event kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai bukti nyata  kserta kerja keras Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar di dalam melestarikan nilai-nilai kesenian daerah, termasuk lagu religius.  

Secara umum, event kegiatan yang anggarannya bersumber dari pos anggaran Bagian Kesra Setda  Kabupaten Kepulauan Selayar sebagaimana tertuang pada lembaran APBD tahun anggaran 2013 ini bertujuan untuk melaksanakan dan mengembangkan syiar agama Islam serta menjadikan lomba lagu daerah sebagai ajang mencari bakat di kalangan masyarakat. Sedangkan lagu religus, diharapkan dapat tumbuh dan berkembang di kalangan pelajar

Dengan sendirinya, event bernuansa kearifan lokal dan religius ini diharapkan dapat melahirkan ketersediaan penyanyi lagu daerah di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar dan sebaliknya penyanyi lagu religi di kalangan pelajar menengah atas, jelas. Hj. Andi Nur Asia kepada wartawan hari Kamis, (15/8) malam tadi.

Dalam kaitan itu, penilaian peserta lomba lebih didasarkan pada penguasaan materi suara, jangkauan suara, tekhnik resonansi, pict control, busana atau kostum dan penampilan aksi panggung peserta. (zulfadly ramadhan)   
    

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer