Home » » Satlantas Polres Kepulauan Selayar Refleksikan Kepedulian Lewat Santunan

Satlantas Polres Kepulauan Selayar Refleksikan Kepedulian Lewat Santunan

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 20 Agustus 2013 | 6:30 PM



Kabarsulawesi.com – Selayar : Kepedulian terhadap keselamatan berlalu lintas di jalan raya untuk menekan angka fatalitas laka lantas ditunjukkan secara nyata oleh jajaran aparat Kepolisian Satlantas Polres Kepulauan Selayar dibawah kendali AKP. Sahabuddin, SH.

Wujud kepedulian dan kepekaan tersebut tak hanya ditunjukkan melalui rangkaian kegiatan penindakan hukum terhadap para pelanggar lalu lintas semata. Refleksitas kepeduliaan turut ditunjukkan aparat Satlantas Polres Kepulauan Selayar disaat pengendara mengalami kecelakaan lalu lintas.

Dalam kesempatan wawancara ekslusif dengan wartawan pada hari Senin, (19/8) malam, putra asli Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi-Selatan ini mengungkapkan, saat anda mengalami kecelakaan lalu lintas, kami tetap peduli dan memberikan jaminan berupa biaya perawatan kepada korban kecelakaan lalu lintas melalui kerjasama dengan kantor Jasa Raharja sebagai lembaga penjamin biaya perawatan korban kecelakaan yang senantiasa tampil terdepan, utama dalam perlindungan dan prima dalam pelayanan.

Terkait dengan pelayanan dan prosedur santunan, kantor jasa raharja membuka layanan pengajuan dan pengisian formulir secara cuma-cuma dengan melampirkan : laporan polisi dan atau keterangan kecelakaan dari instansi berwenang lainnya, keteragan kesehatan dari dokter rumah sakit yang melakukan perawatan, identitas berupa KTP korban atau ahli waris korban serta kuintasi biaya perawatan, pengobatan yang asli dan sah berdasarkan petunjuk Peraturan Menteri Keuangan RI No. 36/PMK.010/2008 tanggal 28 Februari2008.   

Besaran santunan tergantung pada bentuk dan jenis kecelakaan. Khusus untuk kecelakaan yang mengakibatkan meninggal dunia dan cacat tetap (maksimal) di darat, laut dan sungai, nilai santunan mencapai angka Rp. 25.000.000,-.
Biaya rawatan (maksimal) untuk jenis kecelakaan di darat, laut dan sungai ditanggung Jasa raharja sebesar Rp. 10.000.000. Sedangkan biaya penguburan korban tanpa ahli waris terbatas sampai pada angka Rp. 2.000.000,-.

Santunan terbesar diberikan  kepada korban kecelakaan udara yang menyebabkan meninggal dunia, dan cacat tetap (maksimal) diberikan santunan senilai Rp. 50.000.000 dengan biaya rawatan (maksimal) Rp. 25.000.000. Sementara korban tanpa ahli waris diberi santunan sebesar Rp. 2.000.000,-. Pengurusan santunan Jasa Raharja tidak dipungut biaya.

Sahabuddin menjelaskan, dari semua jenisnya, kecelakaan tunggal kendaraan bermotor pribadi di luar jaminan jasa raharja. (fadly)

Keterangan Gambar : Kasat Lantas Polres Kepulauan Selayar,
AKP. Sahabuddin, SH
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer