Home » » 1.088 Kertas Suara Pilkada Polman Rusak

1.088 Kertas Suara Pilkada Polman Rusak

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 08 Oktober 2013 | 2:30 PM



Kabarsulawesi.com – Sulbar : Sebanyak 1.088 lemba kertas suara yang dimusnahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), (7/10).

Pemusnahan dilakukan sekira pukul 15.00 Wita, disaksikan Anggota KPU Sulbar Adi Irawan, Ketua KPU Polman Achmad Touwe, Ketua Panwaslu Polman Murtaji, dan jajaran kepolisian.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar. Kertas suara yang dimusnahkan tersebut merupakan kertas suara yang rusak, seperti gambarnya tidak jelas, sobek, atau tidak layak untuk dipakai

Kertas suara yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil penyortiran dari 306.150 kertas suara yang telah diterima dari percetakan. Jumlah tersebut termasuk kelebihan 2,5 persen, yakni 7.647 lembar dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Polman, sebanyak 298.503 pemilih.

Sebagai diketahui, sebanyak delapan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Polman periode 2014-2019, Kamis malam, 22 Agustus 2013, telah ditetapkan secara resmi oleh KPU untuk bertarung pada Pemilukada yang Oktober bulan ini.


Delapan pasangan calon yang ditetapkan , empat pasangan calon dari jalur perseorangan ; Hikman Katohidar–Najib Abullah Majid, Munarfa Atjo–Andi Bebas Mangazali, Naharuddin–Abdi Manaf dan Andi Fadly Patayangi–Rahman Razak.

Dari  jalur partai politik yakni Nadjamuddin Ibrahim–Erfan Kamil (Naib-Ka) didukung Partai Demokrat, Partai Demokrasi Pembaharuan dan Partai Barisan Nasional (Barnas); M Asri Anas–Chuduriah Sahabuddin (MAA-CS) didukung Partai Amanat Nasional, Partai Merdeka serta sejumlah gabungan partai non seat.

Mujirin M Yamin–Hasan Bado (MMY-HB) didukung Partai Hanura, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB); dan Andi Ibrahim Masdar–M Natsir Rahmat (AIM Benar) didukung Partai Golkar, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Indonesia Sejahtera (PIS), PDIP, dan PKS.

Sebelumnya, KPU telah melakukan penetapan  DPT pada Pilkada Polman yang dijadwalkan digelar pada 8 Oktober mendatang. Jumlah DPT yang ditetapkan sebanyak 298.683 pemilih yang tersebar di 771 TPS.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan yang cukup signifikan jika dibandingkan DPT pada pelaksanaan Pilgub 2011 yang hanya berjumlah sebanyak 280.707 pemilih. Hanya dalam tempo dua tahun, jumlah pemilih di Polman membengkak sebanyak 17.976 orang pemilih. (sl)


Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer