Home » » Komnas Waspan Sulsel Ragukan Kualitas Proyek Jalan Beton Mattirotasi

Komnas Waspan Sulsel Ragukan Kualitas Proyek Jalan Beton Mattirotasi

Written By Redaksi kabarsulawesi on Sabtu, 12 Oktober 2013 | 10:51 AM



Kabarsulawesi.com – Parepare : Proyek pembangunan jalan betonisasi sepanjang 1028 meter di sepanjang pantai jalan Mattirotasi kota parepare, sementara dalam proses pembangunannya. Proyek dengan kisaran dana milyaran rupiah itu, secara kasat mata diduga diragukan kualitasnya.

Hal itu diungkapkan Sulhayat Takdir, SH, Pimpinan Komisi Nasional Pengawas Aparatur Negara (Komnas Waspan) sulsel, di Parepare beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Komnas Waspan akan mengawal proyek jalan tersebut, karena ada beberapa aduan lisan dan jadi pembicaraan seputar kualitas proyek jalan tersebut.

“Sementara yang kami selidiki,  metode cara membuat jalan beton yang sekarang dilaksanakan. Beberapa laporan masyarakat yang masuk menyebutkan kalau proyek jalan beton dengan anggaran milyaran rupiah itu, diragukan kualitasnya, karena metode dan cara kerjanya yang tidak sesuai dengan metode teknik sipil.” Ungkap Sulhayat.

Berdasarkan hasil pemantauan langsung di lapangan, kata Sulhayat, Komnas Waspan Sulsel menemukan kejanggalan-kejanggalan seputar kualitas pekerjaan jalan beton tersebut.

Sementara yang ditemukan Komnas waspan Sulsel, tidak adanya pembersihan lokasi jalan yang akan dibetonisasi, tidak dilakukannya urugan dan timbunan tanah untuk meratakan elevasi jalan.


“Semen cor langsung di hamparkan ke atas jalan yang masih ditutupi aspal. Padahal seharusnya dilakukan urungan (dikerok) dan diberi timbunan. Ini dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi penurunan saat konstruksi sudah selesai dibangun sehingga menyebabkan kerusakan atau retak-retak.” Ungkapnya

Selain itu, Komnas Waspan Sulsel juga menduga kemungkinan semen yang digunakan untuk cor dasar menggunakan semen yang sudah mati, sehingga nampak hamparan cor dasarnya berhamburan.

Komnas Waspan Sulsel juga menduga, bisa jadi tidak dilakukannya metode tersebut, untuk menekan biaya pembangunan.

“Kami belum melakukan konfirmasi ke pihak konsultan maupun perusahaan pelaksana proyek apakah memang tidak ada dalam RAB biaya urugan dan timbunan tanah. Kalau itu ternyata ada, bias jadi dana proyek tersebut dimanipulasi dan itu tindak pidana.” Ungkap Sulhayat.

Selain itu masih ada beberapa indikasi yang ditemukan Komnas Waspan Sulsel soal kualitas proyek jalan beton Mattirotasi.

“Kami akan mengawal terus pembangunan jalan beton itu. Mengapa Komnas Waspan mengawasi proyek jalan ini, karena proyek ini didanai uang Negara, baik itu APBD maupun APBN. Kita juga akan melakukan konfirmasi ke instansi terkait soal pembangunan jalan tersebut.Kalau ada unsure korupsi atau manipulasi dari anggaran proyek ini kami akan laporkan ke KPK, karena anggarannya 1 milyar lebih”. Jelas Sulhayat. (sl)

Jangan Lupa KLIK DISINI
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer