Home » » Mesjid Agung landmark Kota Parepare Diresmikan

Mesjid Agung landmark Kota Parepare Diresmikan

Written By Redaksi kabarsulawesi on Jumat, 11 Oktober 2013 | 9:01 PM

Kabarsulawesi.com – Parepare : Mesjid Agung Kota Parepare, akhirnya Jumat siang tadi, 11 Oktober 2013, diresmikan penggunaannya. Oleh Walikota Parepare, H. Sjamsu Alam. Mesjid yang dibangun bersumber dari dana APBD Kota Parepare sebesar Rp. 24 miliar lebih itu, bisa menjadi Icon atau landmark Kota Parepare yang diharapkan dapat menjadi salah satu daya tarik bagi warga luar daerah berkunjung ke Parepare.


Agung Parepare memiliki desain artisitik yang indah, dirancang berlantai tiga dengan kapasitas jamaah sekitar 2000 orang. Ini belum termasuk pelataran yang dapat menampung jamaah hingga 3000 orang.

Masjid Agung Parepare dapat diakses dari dua jalan, yakni Jalan Ahmad Yani yang merupakan jalan poros Parepare-Kabupaten Sidrap, dan Jalan PDAM yang berada tepat di belakang masjid. Masjid ini dilengkapi empat buah menara di setiap sisi, dan satu menara utama di daerah barat laut bangunan masjid.

Masjid  Agung Parepare juga dilengkapi fasilitas aula serba guna yang terletak di lantai dasar yang dapat menampung sekitar 500 orang, full AC dan diperuntukan untuk acara-acara berskala besar, seperti pernikahan dan acara penting lainnya di Kota Parepare.

Selain itu, masjid ini juga memiliki bangunan underground yang diperuntukkan untuk tempat berkantor bagi organisasi-organisasi Islam di Parepare. Masih di area underground yang berdekatan dengan tangga masuk, disiapkan puluhan toilet laki-laki standing style, dan tempat berwudhu sebanyak 40 buah di sisi kanan dan 40 buah di sisi kiri.

Dengan demikian, setiap pengunjung yang datang ke masjid ini terlebih dahulu melewati area berwudhu sebelum mendaki puluhan anak tangga menuju bangunan utama masjid. Tempat berwudhu yang sangat representatif juga dapat ditemukan di bagian belakang masjid untuk jamaah yang masuk melalui akses jalan PDAM. (sl)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer