Home » » Bangun Pabrik Karbon Antisipasi Pengangguran

Bangun Pabrik Karbon Antisipasi Pengangguran

Written By Redaksi kabarsulawesi on Rabu, 22 Januari 2014 | 9:09 AM



Kabarsulawesi.com – Kolaka : Bupati Kolaka Ahmad Safei berusaha mentaktisi membludaknya pengangguran baru pasca berhentinya perusahaan tambang nikel. Dengan membuka peluang investasi sebesar-besarnya di wilayah Kabupaten Kolaka. Bahkan jauh hari sebelum ia resmi menjabat  sebagai Bupati Kolaka. Salah satunya bakal membangun pabrik karbon.

Hal itu dilakukan adanya penghentian ekspor mineral mentah, berdampak besar di Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara. Sejumlah perusahaan tambang nikel yang selama ini menjual ore, terpaksa berhenti beroperasi. Hal ini berdampak pada PHK tenaga kerja perusahaan-perusahaan tersebut.

Pabrik karbon ini diharapkan menjadi solusi penyerapan tenaga kerja. Sebab diperkirakan akan menyedot tenaga kerja lokal sebanyak lebih dari seribu orang. Apalagi pemberlakuan undang-undang minerba serta anjloknya harga nikel, memaksa sejumlah tambang berhenti beroperasi.

Lokasi tambangnya berada di Kecamatan Samaturu. Luasnya mencapai sekitar 9000 hektar. Kualitasnya sangat bagus. Itu bisa untuk digunakan sebagai bahan baku pensil, yang bagian hitamnya, bahan karbon baku baterai, kertas karbon dan lain lain.

Sudah ada investor yang menyatakan kemauannya yang bakal membangun pabrik karbon itu, dalam waktu dekat akan merealisasikan niatnya. Tinggal memberikan pemaparan resmi kepada pemerintah daerah dan DPRD. Kemunginan besar bulan depan akan dilakukan.
(soel/kendarinews)

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer