Home » » Belum Ada Kesimpulan Resmi Ambruknya Dermaga Cappa Ujung

Belum Ada Kesimpulan Resmi Ambruknya Dermaga Cappa Ujung

Written By Redaksi kabarsulawesi on Kamis, 23 Januari 2014 | 1:34 PM


Kabarsulawesi.com – Parepare : Masih ingat ambruknya Dermaga di pelabuhan Cappa Ujung Kota Parepare yang terjadi Senin (23/12) ? Hingga saat ini belum ada titik terang penyebab runtuhnya dermaga sepanjang 50 meter dan runtuh berikut tiang-tiang lampu dermaga tersebut.
 
Menurut Burhan Bagian Operasi PT.Pelindo Parepare yang dtemui beberapa waktu lalu menjelaskan, pihaknya juga masih menunggu hasil investigasi yang telah dibentuk untuk menyimpulkan akibat runtuhnya derbaga terebut.

“Sudah ada tim investigasi yang ibentuk di ketuai oleh Syahbandar. Namun sampai saat ini belum ada kesimpulan dari tim yang dibentuk secara terpadu tersbut.” Ungkap Burhan.
Namun menurutnya, sampai saat ini Pihak PT. Pelindo masih sementara menyimpulkan human error, akibat cuara buruk dan angin kencang penyebab ambruknya dermaga tersebut setelah dihantam sebuah kapal bermuatan kargo yang bersandar di dermaga tersebut. 


Burhan menjelaskan, saat itu KM. Kargo Mentari Persada memiliki panjang sekitar 128.53 meter dengan lebar sekitar 20,520 meter, saat itu, kapal kargo tersebut juga memuat 22 kru dan puluhan container, sudah dalam posisi tertambat di dermaga. Namun saat itu cuaca buruk disertai angin kencang, membuat kapal bergoyang akibat ombak. Kapal kemudian menghantam bibir dermaga sebanyak 2 kali. Karena hantaman yang keras itu, dermaga yang dibangun tahun 1998 sepanjang 50 meter ambruk.

Nahkoda Mentari Persada, Kapten Jaka Suharna mengatakan, saat akan melabuhkan kapal yang dikemudikannya, dia sudah melakukan sistem penyandaran sesuai prosedur. Namun kapal sudah tertambat dikendalikan pada bagian muka dan belakang. 

Burhan yang ditanya soal kualitas fisik dermaga, mengatakan proyek pembangunan derbaga yang ambruk itu adalah proyek pusat.

“Kalau soal fisik bangunan, ada dermaga yang dibangun sebelum tahun itu, kondisinya tidak separah dermaga Cappa Ujung. Kita masih menunggu hasil dari tim yang dibentuk, dan sudah dilakukan juga peninjauan dari Wakil Menteri perhubungan.” Tuntas Burhan. (Soel)

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer