Home » » Disdukcapil dan Yasalti Gelar Pelayanan Masal Terkait Legal Identity

Disdukcapil dan Yasalti Gelar Pelayanan Masal Terkait Legal Identity

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 21 Januari 2014 | 4:20 PM


 dari kiri (Direktur Yasalti, Ninu Rambu W Lodang, 
bersama Staf Disdukcapil Kab. Sumba Timur).
Kabarsulawesi.com – Sumba Timur :   Pentingnya kesadaran masyarakat di Kab. Sumba Timur untuk memiliki Legal identity adalah hal yang wajib hukumnya untuk mendapatkannya. Oleh sebab itu perlu peran penting dari instansi terkait yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kab. Sumba Timur untuk melakukan Sosialisasi kepada masyarakat Sumba Timur.

“.Ini adalah suatu tanggung jawab kita bersama untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat, karna sesuai UU No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi public sedangkan UU No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan public dan sejumlah peraturan lainnya untuk membangun interaksi dinamis antar berbagai pihak dalam kerangka memperjuangkan hak dasar warga dan organisasinya”. Demikian dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Pencatatan Sipil Kab. Sumba Timur, Erwin Pasande  kepada wartawan.
Jumat (27/12) di ruang kerjanya

Menurut Erwin, masih banyaknya warga Sumba timur yang belum memiliki Legal identity ini adalah hal yang serius untuk menanganinya, karna itu merupakan tanggung jawab kita bersama dan Instansi terkait seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat. “. Saya pikir persoalan ini perlu di perhatikan karna pentingnya memiliki Legal identity sangat membantu warga  untuk mendapatkan pelayanan seperti pendidikan dan kesehatan”. Ujarnya

Dia juga menambahkan, bahwa terlaksananya sosialisasi dan pelayanan massal Legal Identity di 22 kecamatan  adalah suatu cara percepatan pelayanan Legal Identity bagi warga yang dilakukan instansi pelaksana ( Dispenduk Capil Sumba Timur )  dan khususnya  2 Kec ( Kec. Kanatang dan Wulla Waijilu ), itu adalah suatu perhatian khusus dari Yayasan Wali Ati (Yasalti) “ kami juga sangat berterima kasih kepada Yasalti yang telah membantu kami dalam melakukan sosialisasi di dua (2) kecamatan, sehingga kerjasama kita ini, tetap terjalin dengan baik” ucapnya.   

Hal senada di katakan Direktur Yasalti, Ninu Rambu W Lodang,  Sosialisasi tersebut menjadi dasar agar warga masyarakat lebih mengenal dan memahami tentang Legal Identity utuk memperoleh hak-hak dasar warga seperti, pelayanan di bidang Ekonomi Kesehatan dan di bidang Pendidikan, ini adalah salah satu terobosan dari Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil bersama Yayasan Wali Ati (Yasalti)., dan khususnya Yayasan Wali Ati yang telah memiliki visi misi serta nilai-nilai organisasi dalam melayani orang miskin, perempuan, anak dan kaum disabilitas lainnya di Sumba Timur.

Rambu juga mengatakan, Berdasarkan hasil pelayanan massal di dua (2) Kecamatan yakni, Kec. Wulla Waijilu dan Kec. Kanatang, Yasalti telah memperoleh data yang akurat tentang keberadaan warga miskin, janda dan kaum disabilitas, sehingga dalam melakukan pelayanan masal di dua (2) Kecamatan warga tersebut dapat dilayani dengan baik dan terarah.

Adapun hasil pelayanan massal yang di lakukan oleh Yasalti dan Dispenduk, khususnya di  dua (2) Kecamatan, Yakni, Wulla Waijilu dan Kanatang jumlah masyarakat Miskin yang telah dilayani dalam pembuatan Akte Kelahiran dan Perkawinan adalah 195 untuk pembuatan Akte perkawinan dan 664 jiwa untuk pembuatan Akte Kelahiran. “ jadi untuk kegiatan ini, kami dari Yasalti bersama Dispenduk terus melakukan kerjasama, sehingga warga yang belum terlayani, akan dilayani”. terangnya (Budin/NM)  
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer