Home » » Korupsi Membelenggu Elite Politik Demoralisasi Sudah Melanda Politisi.

Korupsi Membelenggu Elite Politik Demoralisasi Sudah Melanda Politisi.

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 28 Januari 2014 | 12:00 PM


Kabarsulawesi.com : “Masyarakat semakin melebarkan jarak dari parpol dan bujuk rayu pemilu.” kata seorang analis politik UIN Yogyakarta Joko Wahyono.
 
Di tengah gaduhnya panggung politik tersebut, kepercayaan publik terhadap parpol justru berada di titik nadir. Hal ini sebagaimana digambarkan hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Cirus Surveyors Group beberapa waktu lalu.

Di sebutkan tingkat kepercayaan publik terhadap parpol hanya 9,4 persen. Sementara itu, 39,2 persen kurang percaya, 40 persen tidak percaya, dan 11,4 persen menyatakan tidak tahu, Minggu (5/1). Degradasi kepercayaan publik ini jelas menjadi alarm bagi Pemilu 2014.

Di ujung degradasi moral dan watak elite politik yang buruk, sebenarnya bangsa ini hanya butuh pemimpin atau wakil rakyat yang punya kapasitas “orang baik” tanpaprasyarat apa pun dan tanpa embel-embel kepentingan apa pun. Meski terkesan deontologis dan ahistoris, justru di situlah kiranya letak kekuatan dan relevansinya di tengah tuntutan orientasi demokrasi (melalui pemilu) yang berkualitas dan bermakna bagi keadaban publik.

Tak kurang dari tiga bulan lagi Pemilu 2014 akan digelar. Berbagai macam lobi dan negosiasi politik secara intensif dilakukan para elite maupun kandidat politik yang akan bertarung. Penetrasi politik ini semakin tampak nyata ketika berbagai varian media nyaris tanpa jeda memberitakannya. (soel/rimanews)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer