Home » » Mantan Kabid Pendidikan Dasar dan 2 Anak Buahnya Korupsi Paket Peralatan TIK ?

Mantan Kabid Pendidikan Dasar dan 2 Anak Buahnya Korupsi Paket Peralatan TIK ?

Written By Redaksi kabarsulawesi on Minggu, 26 Januari 2014 | 6:06 PM


Kabarsulawesi.com – Makale : Mustahir Edy, Mantan Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Tana Toraja ini, saat ini menjabat Sekretaris Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Tana Toraja, tersangka dalam kasus dugaan mark up bantuan subsidi pengadaaan Hardware dan Software Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2011. Tersangka diduga ikut serta terlibat dalam proses pengadaaan Hardware dan Software Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2011 bersama dua tersangka lainnya yang sebelumnya sudah ditahan Kejari Makale, masing-masing Frederik Darman Maryunus dan Didi Handy yang berperan sebagai rekanan penyedia barang.

Setiap sekolah mendapat bantuan subsidi senilai Rp.31 juta untuk pengadaan satu paket peralatan TIK yang terdiri dari Hardware (perangkat keras) dan Software (perangkat lunak) komputer pembelajaran tingkat SMP. Berdasarkan hasil audit penyidik kejaksaan dengan menggandeng tim ahli dari salah satu perguruan tinggi di Makassar ditemukan adanya indikasi kemahalan harga dalam pengadaan peralatan TIK tersebut sehingga menimbulkan kerugian Negara sekitar Rp.500 juta.

Ketiga oknum tersebut diduga melakukan tindakan korupsi pengadaaan Hardware dan Software Pembelajaran di 33 Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2011 menelan anggaran sekitar Rp1 miliar lebih. Dari hasil audit, satu paket alat TIK itu dibeli sekitar Rp17 juta, padahal anggarannya Rp31 juta per sekolah. Sehingga ada selisih harga sekitar Rp14 juta per sekolah

Jumat, 24 Januari 2014, Kejaksaan Negeri (Kejari) Makale melimpahkan berkas perkara dugaan tindak pidana korupsi, ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Makassar. (soel)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer