Home » » PHK Massal Tenaga Kerja Pertambangan di Sultra

PHK Massal Tenaga Kerja Pertambangan di Sultra

Written By Redaksi kabarsulawesi on Kamis, 23 Januari 2014 | 8:35 AM


ilustrasi
Kabarsulawesi.com – Kendari : Pemutusan hubungan kerja dalam jumlah besar atau secara massal akan mengancam belasan ribu tenaga kerja di Provinsi Sulawesi Tenggara, menyusul diberlakukannya Undang-Undang Minerba Nomor 4/2009 pada 2014. UU Minerba terkait larangan ekspor biji mineral tambang (ore) sejak tanggal 12 Januari 2014 ini menjadi tantangan tersendiri bagi sektor ketenagakerjaan. Data Dinas Nakertrans Sultra mencatat, dari lebih 35 ribu tenaga kerja yang ada, sekitar 75 persen bekerja di sektor pertambangan. 
 
Sumber yang dihimpun dari kabupaten Kolaka dan Bombana, sejak akhir tahun 2013 lalu sudah ada beberapa perusahaan yang sudah mem-PHK karyawannya lebih awal setelah mengetahui akan diberlakukannya UU Minerba 2009 di awal tahun 2014. Sebagai contoh di perusahaan PT Sumber Setia Budi (SSB), telah memberhentikan sedikitnya 300-an karyawannya. Begitu pula dengan perusahan PT Putra Mekongga yang mempekerjakan lebih dari 100-an karyawan dan PT Sultra Jembatan Mas juga telah memberhentikan lebih dari 120 karyawannya terkait UU Minerba tersebut. 

Pemberlakuan UU Minerba terkait tidak ada lagi ekspor ore, juga telah berdampak pada sejumlah perusahaan pertambangan di Kabupaten Konawe Selatan. Salah satunya adalah PT. Jagad Raya Tama (JRT). Perusahaaan itu, telah mem-PHK sedikitnta 118 orang kariaywannya terhitung sejak diberlakukannya UU Minerba nomor: 4/2009 tanggal 12 Janaurai 2014. 

DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam waktu dekat akan melakukan konsultasi ke Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) di Jakarta terkait ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di sejumlah perusahaan. maksud dan tujuan melakukan konsultasi ke Menakertrans itu untuk meminta petunjuk teknis terkiat ancaman dan dampak dari rencana ratusan bahkan ribuan perusahaan yang secara terpaksa mem-PHK karyawannya karena implementasi dari UU nomor: 4/2009 tentang mineral dan batubara (UU Minerba). (soel)

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer