Home » » Setiap Jam Tiga Nyawa Melayang di Jalanan

Setiap Jam Tiga Nyawa Melayang di Jalanan

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 21 Januari 2014 | 9:47 PM

Kabarsulawesi.com - Jakarta : Angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas masih memprihatinkan. Korps Lalu Lintas Polri mencatat ada 101.037 kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama 2013. Dari jumlah itu, 25.157 orang meninggal dunia alias menjadi korban kecelakaan di jalanan.

"Berdasarkan angka ini, tiap hari orang meninggal karena kecelakaan mencapai 80 orang. Tiap jam, tiga nyawa melayang sia-sia," kata Kepala Korlntas Polri Irjen Pudji Hartanto di Mabes Polri, Selasa (21/1).

Menurut Pudji, bukan hanya kerugian moril yangg diderita masyarakat, melainkan derita materiil yang nilainya mencapai ratusan miliar rupiah.

Jumlah kecelakaan dan korban di tahun 2013 itu sebenarnya lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. Dimana pada 2012 jumlah kecelakaan di jalanan mencapai 117.949. Sedangkan jumlah korban meninggal dunia mencapai 29.544 orang.

Pudji menambahkan faktor kelalaian manusia menduduki posisi puncak pemilu laka lantas. "Kesadaran lalu lintas sungguh memprihatinkan," ungkapnya.

Pudji mengatakan bahwa berdasarkan data Korlantas Polri, kelalaian, ketidaksabaran dan tidak peduli dengan tata tertib lantas menjadi penyebab utama kecelakaan yang merenggut nyawa sia-sia. "Kondisi ini sungguh menggenaskan," tegas jenderal bintang dua itu.

Menurutnya, kecelakaan yang disebabkan karena lengah berjulah 3.096, dan lelah mencapai 2.140. "Sedangkan yang melebihi kapasitas kecepatan 9.1371 kasus," bebernya. (boy/jpnn)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer