Home » » 4 Dari 12 Saksi Parpol Tidak Hadiri Rekapitulasi Suara Tingkat PPK

4 Dari 12 Saksi Parpol Tidak Hadiri Rekapitulasi Suara Tingkat PPK

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 15 April 2014 | 8:09 AM



Kabarsulawesi.com – Selayar : Ditengah tanda tanya besar warga masyarakat mengenai sumber perolehan suara tertinggi partai berlambang pohon beringin di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, Komisi Pemilihan umum nekad melakukan perhitungan rekapitulasi perhitungan suara tingkat PPK Kecamatan Benteng.
Rekapitulasi Perhitungan Suara di Tingkat PPK Kec. Benteng

Rekapitulasi perhitungan suara dilaksanakan dengan hanya menghadirkan delapan orang saksi. Informasi yang berhasil dihimpun wartawan dilapangan menyebutkan, para saksi partai dan caleg telah diberikan undangan. Namun, para saksi tetap tidak hadir pada pelaksanaan rekapitulasi perhitungan surat suara di tingkat PPK Kecamatan Benteng yang dilaksanakan pada hari Senin, (14/4) pagi hingga malam hari.

Informasi lain menyebutkan, banyak partai politik peserta pemilu di Kabupaten Kepulauan Selayar yang tidak memiliki saksi. Ketua Panwas Kabupaten, Drs. Sirajuddin yang dimintai konfirmasi via telefon selular pada hari Senin, (14/4) malam mengaku, tidak mempermasalahkan ketidak hadiran saksi partai politik.

Dia membenarkan, tentang banyaknya partai politik peserta pemilu di Selayar yang tidak memiliki saksi. Telefon selular milik Ketua Komisi Pemilihan Umum, Hasiruddin Yudisthira sendiri berada di luar jangkauan dan tidak dapat dihubungi oleh wartawan.

Sementara itu, anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar, Masmulyadi yang dihubungi secara terpisah oleh wartawan mengatakan, KPU selaku lembaga penyelenggara pemilu berkewajiban untuk menghadirkan saksi partai politik melalui undangan.

Bilapun saksi partai tetap tidak hadir, maka hal tersebut sudah berada di luar ranah Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara pemilu. Ditegaskannya, tahapan pemilu harus tetap dijalankan sesuai dengan mekanisme dan tata aturan yang berlaku.

Kendati demikian, dia tidak menutup kemungkinan untuk dilaksanakannya penundaan jadwal rekapitulasi perhitungan suara. Penundaan jadwal dapat dilakukan, dengan sarat tidak akan menabrak rambu-rambu tahapan pemilu lainnya.

Terkait dengan banyaknya Partai politik yang tidak memiliki saksi, KPU mengaku tidak dapat memaksakan keadaan untuk partai politik menghadirkan saksi pada pelaksanaan rekapitulasi tingkat PPK.  Persoalan, saksi merupakan ranah internal partai politik peserta pemilu, tegas Masmulyadi saat dikonfirmasi oleh wartawan via telefon selularnya pada hari Senin, (14/4) malam. (fadly syarif)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer