Home » » Beragam Catatan Tersisa Dari Pemilihan Legislatif 2014

Beragam Catatan Tersisa Dari Pemilihan Legislatif 2014

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 15 April 2014 | 8:12 AM



Kabarsulawesi.com – Selayar : Perhelatan demokrasi pemilihan calon anggota DPR, DPR-RI, DPD dan DPRD kabupaten kota tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan telah berlangsung mulus dan serempak pada hari Rabu, (9/4) enam hari lalu.

Penyelenggaraan pemungutan suara dimulai sejak dari pukul 07.00 wita, sesaat setelah dilaksanakannya, kegiatan pemusnahan kelebihan surat suara rusak yang dirangkaikan dengan coffe morning oleh KPU Kepulauan Selayar.

Proses pemungutan suara yang dilaksanakan serentak di 308 titik TPS untuk tiga daerah pemilihan tersebut berlangsung, selama hampir dua puluh empat jam dengan melewatkan beberapa permasalahan.

Rekapitulasi Perhitungan Suara di Tingkat PPK Kec. Benteng

Tingkat Partisipasi Pemilihpun, Merosot Hingga 72, 13 %

Beberapa insident ringan sempat mewarnai pelaksanaan pemungutan suara di Kabupaten Kepulauan Selayar diawali dari  persoalan coblos dua kali yang terjadi di dua TPS berbeda, di Dapil 1 Kecamatan Benteng, Bontoharu dan Bontosikuyu. Peristiwa coblos dua kali, terjadi di TPS 9 dan 6, Kelurahan Benteng Utara, Kecamatan Benteng.

Permasalahan lain terjadi dibeberapa TPS, di wilayah Dapil 2 Kecamatan Bontomanai, Buki dan Bontomate’ne yang mengalami kekurangan formulir C1 Plano. Kendati demikian, kedua permasalahan dimaksud, sama sekali tidak mempengaruhi jalannya proses pemungutan suara.

Kedua persoalan tersebut  tidak sempat berlarut-larut, setelah masing-masing pihak melakukan penanganan di lapangan. Kasus coblos dua kali, langsung diambil alih dan ditangani oleh Panwas Kabupaten. Sedangkan, permasalahan kekurangan formulir c1 plano ditangani KPU yang bertindak cepat mengantarkan tambahan formulir c1 plano ke TPS bersangkutan.

Persoalan terparah terjadi, sehari setelah dilaksanakannya pemungutan suara. Dimana sejumlah warga masyarakat datang berbondong-bondong ke kantor panwas kabupaten untuk melaporkan dugaan money politik yang dilakukan oleh sejumlah tim pemenangan caleg dari partai tertentu.

Pada penyelenggaraan pemilu legislatif 2014 ini pula, terkuak fakta baru terkait dengan semakin menurunnya tingkat partisipasi masyarakat di dalam penyelenggaraan pemungutan suara yang mencapai angka 72, 13 persen.

Hal ini terungkap dari hasil rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara untuk Kecamatan Benteng, terutama setelah dirampungkannya perhitungan jumlah suara sah, tidak sah serta suara sah dan tidak sah yang total angkanya mencapai 11.774.

Hasil tersebut diperoleh dari data suara sah untuk wilayah Desa/Kelurahan Benteng yang mencapai 5.2462 dengan jumlah suara tidak sah sebanyak 82 suara ditambah perolehan suara sah dan tidak sah sebanyak 5.3282.

Data ini mencukupkan jumlah total suara sah, tidak sah, serta suara sah dan tidak sah di Kelurahan Benteng menjadi 11.546 suara.

Perolehan suara sah terendah terjadi di Desa/Kelurahan Benteng Utara yang hanya berjumlah 2.694.  Khusus untuk suara tidak sah jumlahnya mencapai 60 suara. Sedangkan suara sah dan tidak sah sebanyak 2754 dengan total jumlah keseluruhan sebanyak 228.

Data terakhir diperoleh dari catatan suara sah dari Desa/Kelurahan Benteng Selatan yang berjumlah 3.606 dengan total suara tidak sah sebanyak 86 dan suarah sah, tidak sah sejumlah 3692. Hingga total keseluruhan hasil perhitungan mencapai angka 11.774.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. Darwis mengungkapkan, khusus untuk pelaksanaan pemilu legislatif 2014, dipastikan terdapat, 4.549 pemilih tetap di Kecamatan Benteng  yang tidak menggunakan hak pilihnya.

Angka ini diperoleh dari data DPT Kecamatan Benteng yang berjumlah 16.323 dikurangi dengan hasil perolehan total pemilu tahun 2014, sebanyak 11.774, ujarnya kepada  wartawan yang  menyambangi dirinya, pada hari Selasa, (15/4) pagi. (fadly syarif)
Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer