Home » » Caleg Money Politik Diancam 4 Tahun Penjara

Caleg Money Politik Diancam 4 Tahun Penjara

Written By Redaksi kabarsulawesi on Senin, 07 April 2014 | 6:28 PM


AKBP. Moh. Hidayat B

Kabarsulawesi.com – Selayar : Terkait dengan mulai masuknya tahapan minggu tenang menjelang Pemiu legislatif tahun 2014, Kapolres Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, AKBP. Moh. Hidayat B, SH.SIK.MH secara resmi mengirimkan pesan singkat berisi penegasan kepada Ketua Panwaslu Kabupaten bersama seluruh jajaran Panwascam, dan segenap unsur masyarakat.

Dalam pesan singkat yang dikirimkannya melalui short massage service pada hari Minggu, (6/4) pagi, Kapolres Kepulauan Selayar menegaskan, politik uang adalah perbuatan memberikan uang oleh para kontestan peserta pemilu dengan harapan agar diberikan suara, karena yang bersangkutan tidak yakin akan terpilih, bila tidak menggunakan uang.

Masyarakat diminta untuk cerdas menentukan pilihan dan sejenak merenungi diri sebelum menentukan sikap politik. Apakah itu, yang harus mewakili kita ??. caleg yang tidak memiliki keyakinan akan dapat terpilih, bila tidak menggunakan jalan pintas berupa money politik ??.

Saat ini masa kampanye telah selesai, dan sekarang tiba masanya, untuk memasuki minggu tenang, terhitung sejak dari tanggal (6-9 April 2014) mendatang. Tahapan ini dinilai Kapolres Kepulauan Selayar sangat rawan dengan perbuatan money politik atau dengan kata lain politik uang yang mungkin saja dilakukan oleh oknum-oknum tertentu di masing-masing daerah pemilihan untuk mendongkrak perolehan suara yang bersangkutan.

Oleh karenanya, aparat kepolisian menghimbau seluruh lapisan warga masyarakat untuk tidak terpengaruh dan atau tergoda dengan pemberian berupa uang maupun barang yang akan diberikan.

Pasalnya, perbuatan tersebut termasuk kedalam kategori perbuatan tindak pidana sesuai ketentuan Pasal 301 ayat 1, 2 dan 3 KUHP Tentang Tindak Pidana Pemilu dengan ancaman hukuman pidana selama 4 tahun kurungan penjara dan denda senilai 48 juta rupiah.

Bila ada yang menemukan oknum pengurus, simpatisan parpol, dan atau caleg tertentu yang melakukan perbuatan bersifat politik uang, dihimbau untuk sedapat mungkin melaporkan perbuatan tersebut kepada aparat panwascam setempat.

Pelapor juga dapat menghubungi Panwaslu kabupaten dan selanjutnya dilaporkan ke Posko Gakkum Simpati, Reskrim Polres Kepulauan Selayar, untuk digelar perkaranya dalam rangka percepatan sidang di Pengadilan Negeri, tegas Kepala Kepolisian Resort Kepulauan Selayar. (fadly syarif)

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer