Home » » Mantan Anggota DPRD Riau Selundupkan Narkoba

Mantan Anggota DPRD Riau Selundupkan Narkoba

Written By Redaksi kabarsulawesi on Selasa, 22 April 2014 | 5:18 PM

MERDEKA.COM. Mantan anggota DPRD Tembilahan Riau, Heryanto (44), ditangkap petugas Bea dan Cukai Kepulauan Riau dan Badan Narkotika Nasional (BNN) saat hendak menyelundupkan narkoba jenis sabu dan ekstasi asal Malaysia ke Indonesia. Selain Heryanto, petugas juga ikut mengamankan dua tersangka lainnya yaitu SP (32) dan DY (32).

Direktur Penindakan dan Penyidikan Dirjen Bea dan Cukai, Muhammad Sigit mengatakan, pengungkapan ini berawal dari hasil penyelidikan intelijen pada 6 April 2014 lalu. Petugas mencurigai, DY dan SP saat membawa barang bukti sabu seberat 100 gram serta dua butir ekstasi menggunakan kapal feri.

"Pengejaran dilakukan ke Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Mereka menyembunyikan barang bukti di dalam tas jinjing," kata Sigit, di kantor Beas dan Cukai, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (22/4).

Sigit melanjutkan, saat itu petugas mengikuti keduanya sampai ke darah Tembilahan, dimana itu adalah tempat yang dijadikan trasaksi dengan Heryanto.

"Betul saja saat di lokasi petugas mengamankan dua tersangka ini saat bertransaksi dengan He yang sudah memesan barang tersebut. Dari tangan tersangka petugas menyita 100 gram sabu dan dua butir ekstasi," jelasnya.

Sigit mengatakan, nilai estimasi Rp 150 juta. Barang tersebut dibawa dalam kantung yang mereka jinjing untuk mengelabui petugas. "Jadi barang Malaysia ini dipesan He dan dua kurir ini yang membawa masuk Indonesia. Kita lakukan pengembangan dengan mencari jaringan sindikat lainnya," kata dia.

Diketahui, Heryanto merupakan mantan anggota DPRD Tembilahan, Riau periode 2004-2009. Bahkan tersangka Heryanto pernah ditahan oleh kepolisian Riau atas kasus kepemilikan narkoba pada 2012 lalu.

"Jadi awalnya dia (Heryanto) adalah pengguna. Kemudian sekarang menjadi pengendali," tambah Sigit.
 
MERDEKA.COM.




Share this article :
 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer