Home » » Polres Selayar Tegas dan Komitmen Menangani Kasus Illegal Fishing

Polres Selayar Tegas dan Komitmen Menangani Kasus Illegal Fishing

Written By Redaksi kabarsulawesi on Sabtu, 05 April 2014 | 11:30 PM


ilustrasi

Kabarsulawesi.com – Selayar : Kapolres Kepulauan Selayar dinilai sebagai seorang sosok pemimpin Polri yang sangat komitmen dan serius dalam penanganan kegiatan illegal fishing di Sulawesi-Selatan, termasuk dari sisi penanganan barang bukti illegal fishing di lapangan yang tidak jarang dibuang kelaut oleh pelaku, saat akan ditangkap oleh polisi.

Hal ini diakui, menjadi latar belakang dan motivasi bagi seorang Kombes Polisi Nur Sambran Subandi, M.Si untuk tampil berbagi  bersama dengan Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP. Moh. Hidayat B, SH.SIK. MH, dan sekaligus menjadi narasumber workshop nasional peningkatan kemampuan tekhnis pengawasan sumberdaya kelautan yang dipusatkan di ruang Toraja Room,  Hotel Sahid Makassar, beberapa hari lalu.

Kepala Laboratorium Forensik Cabang Makassar, Kombes Pol. Drs. Nursamran Subandi, M.Si tampil mengetengahkan materi berjudul “Tindak Pidana Penangkapan Ikan Dengan Bom dan Racun Sianida serta Penanganan Barang Bukti Dalam Penyidikannya”

Memulai materinya, Kepala Laboratorium Forensik Cabang Makassar, Kombes Pol. Drs. Nursamran Subandi, M.Si mempertegas agar para pengawas perikanan dan polsus perikanan dapat lebih berperan aktif dalam melakukan pengawasan, sekaligus menangani lebih serius kasus illegal fishing yang diibaratkan sebagai gunung es, karena kasusnya yang tidak pernah mampu terselesaikan secara optimal.

Para pengawas perikanan dan kelautan diharapkan tidak hanya banyak berteori.  Akan tetapi, pengawas dan penyidik perikanan dapat lebih mengfokuskan perhatian pada tindakan nyata di lapangan terutama dalam hal penanganan kegiatan illegal fishing.

Pada kesempatan yang sama, Kombes Pol Drs. Nursamran juga berkesempatan menunjukkan dan menjelaskan beberapa jenis barang bukti serta ikan yang kerap menjadi sasaran kejahatan illegal fishing.

Workshop nasional peningkatan Kemampuan Tekhnis Pengawasan Sumberdaya Kelautan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perikanan dan Budidaya pusat  yang berlangsung di Toraja Room  Hotel Sahid Makassar, dimulai dari tanggal, (17/3-4/4) ini tampil mengangkat thema, “Meningkatkan Peran Polsus Pwp3k Dalam Rangka Mewujudkan Industrialisasi Kelautan Dan Perikanan Dengan Pendekatan Blue Economy”,.

Terkait thema ini, Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP. Moh. Hidayat B, SH.SIK.MH pada salah satu point visi dan misinya secara gamblang menegaskan sikapnya untuk bertindak mewujudkan keselamatan masyarakat di Kepulauan Selayar dengan tetap mengacu pada sembilan program unggulan Kapolda Sulselbar, Irjen Pol. Burhanuddin Andi.

Dua diantaranya, kata Moh. Hidayat telah direfleksikan secara nayata oleh jajaran Polres Kepulauan selayar melalui pola penanganan konflik sosial dan pembentukan kampung kamtibmas yang diikuti dengan pembentukan kebun kamtibmas, pungkasnya. (fadly syarif)   

Share this article :

Posting Komentar

 
Redaksi : Pedoman Ciber | Testimoni | Kirim Berita
Copyright © 2011. Kabarsulawesi.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Kabar Sulawesi Disclaimer